Akil Mochtar: Hari Ini Saya Jalani Takdir Sebagai Ketua MK

Hakim Konstitusi Akil Mochtar
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf
VIVAnews - Hakim Konstitusi Akil Mochtar mengucapkan sumpah jabatan sebagai ketua Mahkamah Konstitusi di hadapan hakim-hakim konstitusi.
MK Juga Surati KPU dan Bawaslu, Bakal Bacakan Dua Putusan

Akil terpilih menjadi ketua Mahkamah Konstitusi masa jabatan 2013-2015 melalui voting dalam rapat pleno terbuka pada Rabu, 3 April 2013 lalu.
Kantongi Surat Tugas Maju Pilgub, Bobby Nasution: Tak Perlu Daftar Lagi ke Golkar Sumut

Dalam sambutannya, Akil mengatakan, untuk terpilih menjadi Ketua MK modal yang dibutuhkan cukup berat.
Bea Cukai dan Bareskrim Polri Jalin Sinergi Gagalkan Peredaran Narkotika di Tangerang dan Aceh

"Hari ini saya akan menjalani takdir saya sebagai Ketua MK. Untuk sampai pada titik seperti ini, modal yang dibutuhkan sangat berat yaitu kepercayaan dari para hakim konstitusi," ujar Akil di Ruang Pleno Mahkamah Konstitusi, Jumat, 5 April 2013.

Menurut Akil, tantangan MK ke depan semakin berat untuk menjawab harapan masyarakat terhadap MK yang semakin tinggi. "Saya menyadari setelah memangku jabatan ini, di hadapan saya telah terbentang luas hamparan tugas yang terbentang, yang harus diselesaikan secara adil dan bertanggung jawab," ungkap dia.

Akil menegaskan, Mahkamah Konstitusi bukan hanya ditentukan oleh seorang ketua MK, melainkan juga oleh delapan hakim konstitusi lainnya.

Ke depan, MK akan terus menjaga independensi peradilan. Dengan hakim dan pengadilan yang independen, maka perkara akan diputuskan secara adil.

"MK memiliki hakim-hakim yang terjaga independensinya. Bagi saya independensi hakim adalah harga mati seorang hakim," tegasnya. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya