Kontras: Dugaan Perencanaan Penyerangan Lapas Cebongan Harus Diungkap

Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki
VIVAnews
Moeldoko Ungkap Rencana Pameran Kendaraan Listrik Diadakan di Luar Jakarta
- Tim investigasi TNI AD yang telah menyampaikan pengakuan 11 anggota Kopassus sebagai pelaku penembakan di Lapas Cebongan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kepada masyarakat. Namun, dengan sudah diketahui pelaku penembekan, tim diminta untuk tidak cepat puas.

Xiaomi Pad 6S Pro Dijual Rp8 Juta, Begini 'Isi Perutnya'

Koordinator Badan Pekerja Kontras, Haris Azhar, meminta penyelidikan tetap dilanjutkan untuk memperdalam mengenai adanya unsur perencanaan penyerangan. Menurutnya, masyarakat masih menunggu informasi mengenai hal itu.
Resmi, Kemenag Rilis Jadwal Keberangkatan dan Pemulangan Jemaah Haji 2024


"Jangan puas dengan tim, masih banyak fakta yang perlu diungkap. Jadi ini hanya awalan saja, masih banyak lagi yang harusnya diungkapkan," katanya kepada
VIVAnews,
Kamis malam, 4 April 2013.


Tidak hanya penyerangan pada Sabtu 23 Maret 2013, tetapi juga mengenai dugaan adanya persiapan sebelum penyerangan. Karena ada fungsi negara yang harusnya dapat mencegah terjadinya penyerangan itu.


"Dalam tiga hari ada persiapan, mereka akan mengeksekusi di mana. Lalu lapas menjadi pilihan," katanya.


Selain itu menurut Haris, ada dua hal utama lain yang harus dilakukan tim invetigasi TNI AD. Pertama, adanya pihak lain yang memiliki peranan karena memberikan dukungan atas kejadian tersebut.


"Menyelidiki pihak-pihak lain yang berperan dan memberikan support atas terjadian itu. Karena ada informasi bahwa dalam kurun tiga hari sebelum empat orang korban dieksekusi, ada pertemuan dan komunikasi antara pejabat dan petinggi Polda," katanya.


Sementara yang kedua adalah bentuk pertanggungjawaban pihak-pihak tersebut, dalam hal ini Kopassus Grup II Kartosuro, atas terjadinya peristiwa ini.


"Untuk melakukan hal tersebut tentu saja harus ada kerjasama yang baik antara TNI Angkatan Darat, Polri dan Komnas HAM," dia menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya