NASIONAL

Polda Bali Periksa Polisi yang Minta "Uang Damai" ke Turis Belanda

"Tentu saja kami sangat menyesalkan peristiwa itu."
Kamis, 4 April 2013
Oleh : Suryanta Bakti SusilaBobby Andalan (Bali)
Seorang oknum Polantas Bali kedapatan menerima
VIVAnews - Oknum anggota Polantas Polda Bali terekam kamera menerima "uang damai" saat menilang seorang turis asal Belanda yang tak memiliki surat berkendaraan lengkap. Tak hanya menilang, polisi berpangkat Bripka itu sempat menraktir si turis bernama Van Der Spek itu dengan uang hasil tilangnya.

Video tersebut diunggah ke situs Youtube pada 1 April 2013 dengan judul "Polisi Korupsi di Bali/Corruption police in Bali". 

Kabid Humas Polda Bali Komisaris Besar Hariadi, menyesalkan kejadian itu. "Tentu saja kami sangat menyesalkan peristiwa itu dilakukan anggota kita," kata Hariadi saat dihubungi VIVAnews, Kamis 4 April 2013. 

Hariadi mengatakan, institusinya akan memberikan sanksi tegas atas tindakan tak terpuji anggota Polantas Bali itu. "Kami akan memberikan sanksi tegas apabila terbukti dan yang bersangkutan mengakui perbuatannya," kata dia.

Apa sanksi buat petugas nakal itu? "Tindakan yang akan kami berikan sesuai dengan kententuan yang berlaku. Sekarang yang bersangkutan sedang dalam pemeriksaan di Propam. Kita lihat sejauh mana nanti hasil penyelidikannya," kata Hariadi.

Dia menegaskan petugas itu akan diberikan tindakan tegas. Namun ia meminta semua pihak menunggu hasil pemeriksaan hari ini terhadap yang bersangkutan. "Kita tunggu saja apa hasilnya." 

Sebelumnya beredar video seorang anggota polantas Bali menilang seorang turis Belanda. Dalam videonya yang diunggah ke situs Youtube itu, si polisi itu fasih berbahasa Inggris.

Oknum polisi itu kemudian menjelaskan jika diurus ke pengadilan, maka turis Belanda ini harus membayar denda sebesar Rp1.250.000. Namun jika bayar di pos polisi, turis Belanda ini hanya perlu membayar Rp200.000.

Dalam video ini, Van Der Spek mengatakan, tidak mau berurusan di pengadilan. Dia bersedia membayar sebesar Rp200.000. Tentu saja saat membayar semua direkam dengan menggunakan kamera tersembunyi.

Usai membayar, Van Der Spek mengatakan, akan balik ke hotel dan minum bir di hotel di ruangan ber-AC. Oknum polisi ini kemudian menawarkan keramahannya dengan membelikan turis Belanda ini bir dari uang hasil tilang di tempat.

"Saya akan membelikan kamu bir, Rp100 ribu ini untuk bir, Rp100 ribu untuk pemerintah saya," ujar oknum polisi ini dalam bahasa Inggris. Akhirnya oknum polisi bersama seorang temannya dan turis Belanda minum bir bersama di pos polisi tersebut. (umi)
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found