Gunung Guntur Berstatus Waspada, Warga Diminta Tenang

Gunung Guntur
Sumber :
  • http://xaunikmas.blogspot.com
VIVAnews
Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam
– Pelaksana Harian Bupati Garut, Agus Hamdani, meminta masyarakat Garut tidak panik menghadapi kenaikan status Gunung Guntur dari aktif normal menjadi waspada, Selasa sore kemarin.

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

“Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, namun tetap waspada,” kata Agus di rumah dinas Wakil Bupati Garut, Rabu 3 April 2013. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Garut menerima laporan peningkatan status Gunung Guntur dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi sejak awal PVMBG merilis pemingkatan aktivitas gunung itu.
Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi


Semalam, kondisi kegempaan Gunung Guntur berangsur normal meskipun status waspada tidak dicabut. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut telah mempersiapkan langkah-langkah antisipasi seandainya aktivitas Gunung Guntur kembali meningkat.


Kepala PVMBG, Surono, mengatakan tremor di Gunung Guntur sejak kemarin terjadi terus-menerus di atas rata-rata, yakni pada amplitudo 10-15 milimeter. Oleh sebab itu PVMBG meminta masyarakat di sekitar Gunung Guntur untuk tidak melakukan aktivitas dalam jarak 2 kilometer dari puncak gunung.


Gunung Guntur di Garut, Jawa Barat, pernah erupsi pada tahun 1840 dan 1847. Ketika itu, gunung mengalirkan lava dan melontakan materi piroklastik. Sejak saat itu, terhitung sudah 162 tahun gunung yang memiliki ketinggian 2.249 meter di atas permukaan laut itu tidak mengalami erupsi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya