Status Gunung Guntur di Garut Naik Jadi Waspada

Gunung Guntur
Sumber :
  • wikipedia.org
VIVAnews -
Kiky Saputri Ungkap Kondisi Terkini Usai Alami Keguguran
Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono merilis sejumlah gunung yang berstatus berbahaya di Indonesia. Gunung Guntur di Kabupaten Garut, Jawa Barat, naik statusnya menjadi Waspada.

Ratusan Ribu Ribu PNS Sudah Ikuti Uji Kompetensi dari BKN untuk Siap Pindah ke IKN

Dalam rilis itu, Surono mengatakan bahwa aktivitas Gunung Guntur meningkat sejak Selasa sore, 2 April 2013, pukul 17.00 WIB. "Statusnya dinaikkan dari normal menjadi Waspada terhitung sejak pukul 17.00," kata Surono.
Tottenham Siapkan Rekor Baru Demi Bintang Euro, Man Utd dan Arsenal Gigit Jari 


Dalam rekaman PVMBG, kata Surono, tremor secara terus menerus di atas rata-rata, yakni amplituda rata-rata 10-15 mm. "Amplituda tersebut terekam sejak pukul 07.00 WIB," katanya.


PVMBG meminta masyarakat di sekitar Gunung Guntur, untuk tidak melakukan aktivitas pada dua  kilometer dari puncak gunung. "Kami juga akan terus memantau perkembangan dan pergerakan tremor di gunung guntur tersebut," papar Surono.


Sejauh ini, belum ada pengumuman resmi dari Pemerintah Kabupaten Garut, terkait meningkatnya status gunung Guntur dari aktif normal menjadi waspada. Kepala BPBD Garut, Djatdjat Munadjat saat dihubungi wartawan melalui telepon genggamnya masih sibuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya