Kongres HMI Bentrok, KAHMI Bentuk Tim Pemantau

Kongres HMI ricuh
Sumber :
  • VIVAnews/Zahrul Darmawan
VIVAnews -
KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem
Kericuhan yang berujung bentrok antar dua kelompok massa kembali mewarnai Kongres HMI di Depok, Senin malam, 1 April 2013. Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) pun turun tangan.

Nikah Beda Agama, 5 Artis Ini Jalankan Puasa Ramadhan Tanpa Pasangan

KAHMI membentuk tim untuk memantau dan memonitor Kongres HMI. Namun, Ketua Presidium KAHMI Mahfud MD menegaskan, pihaknya tidak bisa campur tangan dalam kongres tersebut.
Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong


"Kami tidak akan ikut campur karena tidak ada hubungan struktural. Kami hanya punya ikatan moral dan emosional karena aspek historis," jelas Mahfud kepada wartawan di Jakarta, Selasa 2 April 2013.


Meski demikian, Mahfud menyayangkan adanya bentrok di Kongres HMI. Di masanya, kata Mahfud, HMI tidak pernah bentrok. "Saya tak tahu masalahnya apa. Urusannya biar diselesaikan sendiri," tegas dia.


Diberitakan sebelumnya, kericuhan yang berujung bentrok antar dua kelompok massa mewarnai Kongres HMI di Depok, Senin malam, 1 April 2013. Dalam peristiwa itu, massa merusak sejumlah fasilitas gedung Graha Insan Cita (GIC) tempat diadakannya kongres.


Belum puas, massa juga melakukan aksi pembakaran di halaman gedung tersebut. Akibat bentrok kali ini, salah satu kelompok massa dari luar daerah pergi meninggalkan gedung tempat dilaksanakannya kongres. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya