Cak Ali: Kerusuhan Lukai Kedamaian Demokrasi

Kerusuhan Sesama Umat Beragama
Sumber :
  • http://klimg.com

VIVAnews - Peristiwa rusuh usai penetapan wali kota dan wakil wali kota Palopo diakui menjadi persoalan demokrasi serius oleh Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU).

"Kerusuhan akibat proses demokrasi harusnya tidak perlu terjadi. Kemarahan itu menjadi persoalan serius, karena melukai kedamaian demokrasi," ujar Ketua Umum ISNU, Ali Masykur Musa, saat ditemui di Surabaya, Minggu 31 Maret 2013.

Agar persoalan tidak berlarut-larut, Cak Ali, sapaan akrab Ali Masykur Musa, menyampaikan beberapa solusi strategis. Dalam jangka pendek, menurut dia, aparat harus menindak tegas dalang dan pelaku kerusuhan.

Selain itu, pendidikan tentang etika sosial harus ditingkatkan di seluruh lapisan masyarakat. "Yang terakhir, tapi juga terpenting, para elite politik dan tokoh masyarakat harus bisa mendidik solidaritas masyarakat, jangan malah memberikan wejangan yang membakar amarah massa," tegas Cak Ali.

Seperti diberitakan, ratusan massa membakar sejumlah fasilitas publik, seperti Kantor wali kota, kantor Panwaslu, kantor Harian Palopo Pos, dan lainnya.

Dugaan sementara massa yang melakukan perusakan adalah pendukung pasangan calon wali kota-wakil wali kota, Haidir Basir-Thamrin Jufri (HATI), yang tidak puas dengan hasil perhitungan KPU Palopo hari ini.

39 Unit SPKLU PLN di Sepanjang Tol Trans Sumatra Siaga Layani Pemudik, Ini Titik Lokasinya

Meski dapat dipukul mundur oleh sekitar 600 personel polisi yang bersiaga penuh, polisi tetap kewalahan juga lantaran massa makin beringas melakukan pelemparan batu dan bom molotov.

Untuk melihat videonya, Anda bisa mengklik . (art)

Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania, TNI Berhasil Kirim Bantuan RI ke Gaza via Udara
Bek Timnas Indonesia U-23 Pratama Arhan

Lengkap! Jadwal Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 Qatar

Timnas Indonesia U-23 akan tampil di ajang Piala Asia U 23 2024 yang digelar di Qatar. Ajang ini berlangsung pada 15 April hingga 3 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024