KSAD Akui TNI Masih Pakai Peluru Kaliber 7,62 Mm, Standar Sniper

Warga Kunjungi Alutsista TNI di Bandara Halim Perdanakusuma
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Markas Besar TNI AD mengakui masih menggunakan peluru kaliber 7,62 milimeter. Penyidik Polda Daerah Istimewa Yogyakarta menemukan 31 selongsong peluru kaliber 7,62 milimeter saat olah tempat kejadian perkara di Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, DIY.

"Peluru kaliber 7,62 mm masih kita gunakan. Karena kaliber besar banyak digunakan untuk sniper," kata Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo di Jakarta, Sabtu 29 Maret 2013.

Ia menjelaskan peluru kaliber 7,62 mm digunakan untuk senjata sniper, AK-47, dan G33. Semua senjata tersebut, katanya, masih digunakan di satuan tempur TNI AD.

Sebelumnya, Kepala Badan Intelijen Negara Marciano Norman mengatakan, senjata yang digunakan oleh belasan pelaku penyerangan Lapas Cebongan itu kini sudah tidak dipakai anggota TNI lagi.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

“Setahu saya dan sudah kami cek, kaliber 7,62 bukan standar TNI lagi,” kata Marciano di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 25 Maret 2013.

Oleh sebab itu meskipun banyak pihak menduga pelaku penyerangan Lapas Cebongan merupakan anggota TNI, Marciano meminta masyarakat untuk menunggu hasil penyelidikan kepolisian.

“Menduga-duga bisa saja. Tetap itu harus dibuktikan melalui suatu proses penyelidikan yang dilakukan pihak-pihak terkait. Kami mendukung kepolisian untuk melakukan proses itu,” kata dia.

Hasil penyelidikan sementara yang dilaporkan kepolisian kepada Panglima TNI, seperti disampaikan KSAD, disebutkan adanya keterlibatan TNI. Ini yang membuat Panglima memerintahkan dibentuknya tim investigasi. KSAD janji tim akan menuntaskan kasus ini setuntas-tuntasnya. "Intinya yang salah saya hukum, yang benar saya bela," kata dia. (umi)

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024