KPK Belum Sita Aset Eks Presiden PKS Luthfi Hasan

Luthfi Hasan Ishaaq
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu
VIVAnews -
Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar
Komisi Pemberantasan Korupsi masih menelusuri aset-aset mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfie Hasan Ishaaq, tersangka tindak pidana pencucian uang dalam kasus pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

"Sedang ditelusuri aset-aset tersangka. Di mana lokasi-lokasinya, saya belum mengetahuinya," kata juru bicara KPK Johan Budi SP kepada
Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen
VIVAnews , Rabu 27 Maret 2013.


Johan menegaskan hingga saat ini belum ada penyitaan apapun yang dilakukan KPK terhadap aset bekas orang nomor satu di PKS. "Apabila ada penyitaan akan diinfokan kembali," kata dia.


Senin 25 Maret 2013, KPK resmi menetapkan Luthfi sebagai tersangka pencucian uang.


Politikus PKS itu dijerat Pasal 3 atau 4 atau 5 UU No 8 tahun 2010 tentang Pencegahan TPPU jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. Luthfi diduga melakukan upaya pencucian atau menyembunyikan atau menyamarkan, serta mengubah kepemilikan.


KPK juga telah menetapkan orang dekat Luthfi, Ahmad Fathanah, sebagai tersangka kasus TPPU. Fathanah diduga menyembunyikan, menyamarkan dan mengubah bentuk harta yang diduga berasal dari tindak pidana korupsi kasus pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian.


Dalam kasus TPPU yang menjerat Ahmad Fathanah, KPK sementara telah menyita empat mobil mewah milik Ahmad Fathanah. Keempat mobil yang disita penyidik KPK adalah mobil Toyota jenis FJ Cruiser warna hitam dengan nomor polisi B 1330 SZZ, mobil Toyota Alpard warna putih bernomor polisi B 53 FTI.


Selanjutnya mobil Toyota jenis Land Cruiser Prado TX warna hitam dengan nomor polisi B 1739 WFN, dan mobil Mercy C 200 warna hitam bernomor polisi B 8749 BS.


Kempat mobil itu ditaksir mencapai Rp4,3 miliar. Tiga diantaranya selain mobil merek Mercy, dibeli dari dealer William Mobil Pondok Indah. Kini keempat mobil tersebut telah disita dan diparkir di pelataran gedung KPK. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya