Mentan : Bulan Depan Harga Bawang Mulai Stabil

bawang merah.
Sumber :
  • ANTARA/Syaiful Arif
VIVAnews - Menteri Pertanian, Suswono memastikan harga bawang merah dan bawang putih akan kembali normal mulai bulan depan. Suswono menjamin ketersediaan bawang di tanah air akan segera normal, karena bulan depan petani bawang sudah masuk musim panen.
Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

"Insya Allah sudah mulai normal, mulai panen," kata Suswono di Gedung DPR, Selasa 26 Maret 2013.
Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Dengan masuknya masa panen, Suswono mengatakan, Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan akan mempertimbangkan apakah perlu menambah impor atau cukup mengandalkan hasil panen petani bawang dalam negeri
Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Meski begitu, kata Suswono, tidak menutup kemungkinan jika harga bawang naik sedikit. Hal ini agar para petani kembali bergairah menanam bawang. "Yang penting jangan berlebihan untuk memilih impor," ujar dia.

Sementara itu, terkait tertahannya puluhan kontainer berisi bawang di Pelabuhan Tanjung Priok. Suswono menyatakan, bawang-bawang itu seharusnya sudah bisa dikeluarkan dari kontainer, karena semua persyaratan sudah terpenuhi. 

"Tentu saja sudah tidak ada alasan lagi," ujar Suswono. Dia menegaskan, jika alasan tidak dikeluarkannya kontainer itu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, maka pemilik kontainer akan diberi sanksi.

"Saya kira kita tunggu saja komitmen mereka (pelaku usaha) karena mereka konsisten yang sudah disepakati. Apalagi kalau kita lihat sebentulnya harga (bawang) di luar negeri kan murah, tentu ada etikanya dalam berbisnis jangan mengambil keuntungan besar-besar sampai 5 atau 10 kali lipat. Apa seperti itu etis kan sebenarnya tidak etis," tandasnya. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya