SBY: Tragedi Lapas, Serangan Langsung Terhadap Wibawa Negara

Presiden SBY pidato di depan para dubes
Sumber :
  • Dok. Kementerian Luar Negeri
VIVAnews -
Pengakuan Pelatih Yordania Jelang Laga Lawan Timnas Indonesia U-23
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan Kapolri Jenderal Timur Pradopo untuk mengusut tuntas kasus penyerangan ke Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu dinihari 23 Maret 2013. Kapolri, kata Presiden, harus memastikan semua pelaku diadili di muka hukum.

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

"Presiden SBY menyatakan pembunuhan brutal terhadap empat tahanan LP Cebongan di Sleman sebagai serangan langsung terhadap kewibawaan negara," kata Staf Khusus Presiden, Daniel Sparringa dalam keterangan pers, Selasa 26 Maret 2013.
Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan


Empat tahanan titipan Polda DIY tewas ditembaki sekelompok orang bersenjata, Sabtu dinihari lalu. Mereka merupakan tersangka kasus pengeroyokan hingga tewas anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Sertu Heru Sentosa, beberapa waktu lalu. ada anak buah mereka yang terlibat dalam penyerangan para tersangka itu.


Selain Kapolri, Presiden juga memberi instruksi kepada Panglima TNI, agar seluruh jajaran TNI bekerja sama dengan Polri untuk mengungkap identitas para pelaku. 


Presiden menilai, imbuh Daniel, serangan itu telah menghasilkan ancaman serius terhadap rasa aman publik. "Serangan itu juga memporakporandakan kepercayaan umum terhadap supremasi hukum di Republik ini."


Oleh karena itu, Presiden menegaskan bahwa kewibawaan negara harus dipulihkan dan kepercayaan rakyat terhadap hukum tidak boleh berkurang karena peristiwa ini. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya