Ribuan orang Ikuti Peringatan Hari Tuberkolosis di Jakarta

Ali Ghufron Mukti menjadi wamenkes
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Ribuan relawan dari berbagai organisasi masyarakat berkompetisi dalam perlombaan gerak jalan, lari, dan jalan santai yang diadakan oleh kementerian kesehatan guna memperingati hari Tuberkulosis (TB)  sedunia yang jatuh pada hari ini, Minggu 24 Maret 2013, di Jakarta.

Peringatan hari TB yang rutin diadakan oleh pemerintah ini berkerjasama dengan USAID -TB care dan HOPE Worldwide Indonesia serta beberapa organisasi lainnya yang bergerak di bidang penangulangan TB.

Hadir dalam acara peringatan ini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, Wakil Menteri kesehatan Ali Ghufron Mukti dan beberapa pejabat lainnya.

Wakil Menteri Kesehatan mengapresiasi upaya seluruh elemen masyarakat yang berupaya keras memerangi salah satu penyakit mematikan di Indonesia ini. Bahkan atas upaya itu Indonesia telah mendapatkan penghargaan dari USAID sebagai negara yang paling sukses melawan TB.

"Kesehatan bukan segala-galanya, tetapi tanpa kesehatan segalanya bukan apa-apa. Karena itu kita mesti bersama-sama memerangi TB," ujar Ali Ghufron Mukti di Pelataran Monas, Jakarta Minggu 24 Maret 2013.

Abeliano Menyemangati Hati dengan Lagu Terbaru, Hoping You'll Be Mine

Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, juga menyambut baik peran aktif dari maysarakat dalam memerangi penyakit TB ini. Agung berharap dengan upaya ini penyebaran penyakit TB dapat diredam secara total.

"Sudah semakin banyak kelompok organisasi  masyarakat yang serius memerhatikan masalah ini. Alhamdulilah negara Indonesia telah mendapatkan pengakuan dari dunia Internasional," kata Agung.

Acara yang bertajuk 'Stop TB Sekarang Juga' ini diikuti oleh kurang lenih 10 ribu peserta. Rute perlombaan yang dilalui oleh peserta yaitu dari Monas ke Bundaran Hotel Indonesia.

Antusiasme para peserta dan masyarakat di kawasan Monas sangat tinggi mengikuti acara ini. Karena hari ini juga bertepatan dengan hari bebas kendaraan (car free day) yang secara rutin dilaksanakan Pemda DKI Jakarta.

Duel Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23

Ernando Ari Gagalkan Penalti, Timnas Indonesia U-23 Sukses Bekuk Australia

Timnas Indonesia U-23 menjaga asa lolos ke perempat final Piala Asia U 23 2024. Garuda Muda menang 1-0 atas Timnas Australia dalam laga penyisihan Grup A.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024