NASIONAL

Menhan Malaysia Ziarahi Makam Raja-raja Imogiri

Menhan ziarahi makam Sultan Agung. Pemimpin besar, kata Menhan.

ddd
Kamis, 21 Maret 2013, 22:06
Menteri Pertahanan Malaysia Dr Ahmad Zaid Hamidi bersama dengan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti ziarah ke Makam Raja Mataram
Menteri Pertahanan Malaysia Dr Ahmad Zaid Hamidi bersama dengan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti ziarah ke Makam Raja Mataram (VIVAnews/ Daru Waskita)
VIVAnews - Menteri Pertahanan Malaysia Dr Ahmad Zaid Hamidi bersama dengan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti berziarah ke makam Raja-Raja Mataram di Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Zaid didampingi staf  Kementerian Pertahanan Malaysia dan staf dari Kedubes Malaysia untuk Indonesia.
 
Dengan mengenakan pakaian pranakan yang merupakan syarat bagi setiap peziarah untuk berziarah di makam-makam Raja Mataram, Menhan meniti tangga menuju makam Sultan Agung dan makam Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Menteri Pertahanan Malaysia Dr Ahmad Zaid Hamidi mengatakan ziarah ke makam Raja-Raja Mataram ini merupakan yang kedua kalinya karena beberapa tahun yang lalu saat berkunjung ke Yogyakarta juga berziarah ke makam-makam Raja Mataram. "Ini merupakan kunjungan pribadi dan keluarga. Di Imogiri ini merupakan yang kedua kalinya saya datang,” katanya Kamis petang, 21 Maret 2013.

Menurutnya, dari sejarah, sosok Sultan Agung adalah seorang raja, ulama, seorang pahlawan dan seorang pemuka di negara-negara Melayu. Dia sebagai seorang Jawa harus menghormati Sultan Agung dan keturanan serta mempelajari kehebatan Sultan Agung kala itu dalam menyebar luaskan agama Islam.

“Dan di Indonesia merupakan rumah Islam terbesar di dunia dan Malaysia sampai kapanpun akan mendukung Indonesia sebagai negara yang agung dan mendapatkan kemakmuran,” katanya.

Lebih lanjut Menhan yang mengaku merupakan orang keturunan asli dari daerah Serang, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulonprogo, ini berharap Indonesia sebagai negara yang paling dekat dengan  Malaysia maka jika terjadi suatu permasalahan sekecil apapun harus diselesaikan secara baik-baik tanpa merugikan salah satu pihak. Malaysia dan Indonesia merupakan satu rumpun.

“Semua permasalahan yang ada antara Indonesia dengan Malaysia harus diselesaikan secara baik-baik dan ada pihak yang dirugikan karena kita masih satu rumpun Melayu,” katanya.

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan kedatangan Menhan Malaysia ini merupakan kunjungan pribadi dan keluarga yang sebelumnya sudah diawali dengan kunjungan di Jakarta selama 2 hari. “Apa yang dilakukan beliau sore hari ini adalah acara pribadi dan berdoa di makam Sultan Agung, Sri Sultan HB VII, HB VIII dan Sri Sultan HB IX,” katanya singkat.


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
heho
22/03/2013
mau nyalon jadi pm kayaknya. perlu ziarah dulu biar dapat sawab dari leluhur indonesia yang sakti2. he he ...
Balas   • Laporkan
bosberuang
21/03/2013
entah kenapa kalau ada malasya saya langsung antipati
Balas   • Laporkan
bosberuang | 22/03/2013 | Laporkan
lepasnya sipadan dan ligitan dan berbagai klaim mereka atas kita...sory klo soal malasya saya ttp anti pati..logika dan akal sehat masih belum sembuh
bajulireng | 21/03/2013 | Laporkan
kalo positif ya diamini saja.. jangan mematikan akal dan logika hanya karena kebencian buta...


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com