Menhan: Konflik Sabah Jangan Meluas ke Indonesia

Tentara Malaysia Berpatroli di Kampung Tanduo
Sumber :
  • REUTERS/Departemen Pertahanan Malaysia/Handout\

VIVAnews - Demi mengantisipasi meluasnya konflik Sabah, TNI memperketat penjagaan di wilayah perbatasan Indonesia - Malaysia. Jarak daerah konflik di Malaysia itu dengan perbatasan Indonesia sekitar 150 kilometer (km).

"Yang penting jangan ada kebocoran yang terjadi di wilayah kita," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Jakarta, Rabu, 20 Maret 2013.

Purnomo berharap Malaysia dan Filipina mampu menyelesaikan konflik tersebut secara diplomatik. "Pada Jumat ini, Menteri Luar Negeri Filipina akan bertemu dengan Menlu Marty Natalegawa, salah satu agenda pertemuan itu adalah membahas masalah ini," katanya.

Purnomo juga berharap bahwa melalui forum Jakarta International Defense Dialogue (JIDD), segala persoalan perbatasan dengan negara tetangga bisa diatasi dengan diplomasi. "Diplomasi merupakan cara yang baik untuk mengantisipasi ketegangan yang terjadi dengan negara tetangga akibat persoalan perbatasan," kata Purnomo.

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Sebagaimana luas diberitakan bahwa melibatkan tentara Malaysia dengan Kesultanan Sulu. Puluhan korban dilaporkan tewas dalam kontak senjata ini.

Semula, konflik terisolir di Lahad Datu. Namun, kini meluas hingga ke wilayah Semporna yang jaraknya terpaut 300 km. Meluasnya konflik itu menambah jumlah daftar korban tewas dari kedua kubu.

Menurut Minda News, sebuah kantor berita di Mindanao, korban telah mencapai 27 orang. Sebanyak 14 di antaranya adalah orang Sulu, tujuh tentara Malaysia, seorang pemilik rumah tempat Agbimuddin tinggal di desa Tanduo, dan Imam Maas dan keempat putranya.

Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!
Ilistrasi moisturizer

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Moisturizer telah lama menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit. Moisturizer atau pelembap telah terbukti dapat meningkatkan kadar air di stratum korneum.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024