Mahasiswi Biologi UGM Tewas di Gua Gunungkidul

Pesona Caving Luweng Grubug
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

VIVAnews – Tiga mahasiswa tewas dalam kegiatan pendidikan caving yang digelar Federasi Speleologi Indonesia di Gua Seropan II, Dusun Serpeng, Desa Candirejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa malam 19 Maret 2013.

Dari 20 peserta pelatihan, hanya 17 yang berhasil diselamatkan, sedangkan 3 lainnya tewas di dalam gua yang terendam air akibat hujan lebat. Ketiga korban tewas adalah Dian Putri Permatasari dari kelompok pencinta alam Matala Biogama Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Hevin Paharisa dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto, dan Ganang Samodra dari Jurusan Fotografi Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

“Semua korban berhasil dievakuasi meski proses evakuasi cukup lama akibat medan yang cukup berat dan ekstrem dengan kondisi gua gelap,” kata Koordinator Operasi Search and Rescue (SAR) DIY, Aris Widodo, Rabu 20 Maret 2013.

HUT Ke-61, Taspen Tegaskan Komitmen Genjot Kesejahteraan Masyarakat

Menurutnya, regu penolong harus menunggu debit air di dalam gua turun untuk mengevakusi korban. Seluruh korban tewas berhasil dievakuasi dari dalam gua pada pukul 01.00 WIB dini hari tadi dan langsung di bawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari untuk diidentifikasi.

Selanjutnya ketiga korban tewas dibawa pulang oleh keluarganya masing-masing. “Semua korban sudah diambil oleh keluarga dan dibawa ke rumah duka masing-masing untuk disemayamkan dan dimakamkan,” kata Aris.

Asia Business Council 2024, Menko Airlangga Kasih Bukti Ketahanan Ekonomi Indonesia

Tewasnya salah satu mahasiswi UGM dalam acara pelatihan caving ini sudah diterima oleh pihak univeristas. Dian Putri Permatasari merupakan mahasiswi Fakultas Biologi UGM angkatan 2010. Jenazah Dian akan dimakamkan pukul 14.00 WIB siang ini dari rumah duka di Karangkajen, MG III/316 RT 38 RW 10, Kota Yogyakarta.

“Segenap civitas akademika UGM sangat kehilangan Dian. Kami turut bela sungkawa. Semoga keluarga diberi ketabahan dalam menghadapi cobaan ini dan semoga almarhumah mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan,” kata Kepala Bidang Humas UGM, Wiwik Wijayanti.

Kebakaran Toko Bingkai di Mampang, Karyawan Sempat Dengar Ledakan Sebelum Api Muncul
Pakar Hukum Tata Negara dan Konstitusi, Fahri Bachmid

Megawati Ajukan Amicus Curiae ke MK, Pakar Hukum: Upaya Intervensi Peradilan

Megawati telah mengajukan diri menjadi amicus curiae ke Mahkamah Konstitusi (MK), dan menyampaikan pendapatnya atas perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024