Empat Kandidat Calon Walikota Daftar ke KPU Kota Jambi

Walikota Jambi Bambang Priyanto
Sumber :
  • Antara/ Audy Alwi

VIVAnews - Selama pembukaan pendaftaran calon Walikota dan Wakil Walikota Jambi, 12-18 Maret 2013, ada empat pasang kandidat yang mendaftar ke KPU Kota Jambi. Empat kandidat yang sudah mendaftar masing-masing diusung partai parlemen dan nonparlemen.

Ketua KPU Kota Jambi, Ratna Dewi mengatakan, kandidat yang pertama kali mendaftar adalah pasangan M Sum Indra dan dr Maulana. Kandidat ini diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bintang Reformasi (PBR), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), dan Partai Demokrasi Kebangsaan.

Indonesia U-23 Tim Kuat, tapi Irak U-23 Optimistis Menang

M Sum Indra saat ini menjabat sebagai Wakil Walikota Jambi dan mendaftar sebagai calon walikota dengan menggandeng dr. Maulana. "Maulana ini pemilik Rumah Sakit Annisa Jambi," terang Ratna, Selasa 19 Maret 2013.

Kandidat kedua yang mendaftar adalah Efendi Hatta dan Asnawi AB pada Sabtu 16 Maret 2013. Ketua DPRD Provinsi Jambi dan Kepala Kantor Satpol PP Provinsi Jambi ini diusung Partai Demokrat dan Partai Hanura. "Kedua pasangan ini sama-sama pernah maju di Pilwako Jambi tahun 2009 lalu. Waktu itu tidak berpasangan," jelasnya.

Sedangkan kandidat ketiga yang mendaftar Sy Fasha dan Abdullah Sani pada Minggu 17 Maret 2013. Pengusaha dan akademisi ini diusung Partai Golkar, PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Barisan Nasional, dan Partai Damai Sejahtera (PDS). "Pasangan ini mendapatkan dukungan partai parlemen paling banyak," kata Ratna.

Terakhir, calon petahana ikut mendaftar di detik-detik terakhir masa pendaftaran, Senin 18 Maret 2013. Bambang Priyanto, Walikota Jambi saat ini menggandeng Yeri Muthalib, anggota DPRD Provinsi Jambi. Bambang-Yeri diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Pemuda Indonesia (PPI). Pasangan ini sama-sama tidak diusung partainya. Bambang Priyanto merupakan kader Partai Demokrat, sedangkan Yeri Muthalib kader Partai Hanura.

"Semua kandidat sudah memenuhi semua persyaratan. Meski demikian, KPU Kota Jambi satu pekan ini akan melakukan kroscek dan verifikasi persyaratan yang sudah diterima," jelasnya.

Ratna mengharapkan seluruh tim pasangan kandidat sama-sama menyukseskan pelaksanaan Pilwako Jambi yang dihelat 29 Juni 2013. "Mari sama-sama kita sukseskan Pilwako Jambi," ujarnya. (eh)

Presiden RI terpilih Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Kamis, 25 April 2024

Surya Paloh Ngaku Belum Bahas Jatah Menteri Nasdem ke Prabowo: Ada Perasaan Sungkan

Partai Nasdem melalui Surya Paloh sebelumnya sudah menyatakan siap dukung Prabowo-Gibran di pemerintahan.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024