Sebanyak 850 Warga Bali Ikuti Ritual Potong Gigi

Ritual potong gigi di Bali
Sumber :
  • ANTARA/Nyoman Budhiana
VIVAnews -
Neta Pamer Mobil SUV Baru Rp200 Jutaan
Sebanyak 850 warga Bali dari berbagai kabupaten/kota di Pulau Bali mengikuti upacara potong gigi massal, Senin 18 Maret 2013. Ritual keagamaan yang digelar di Puri Satria, Denpasar sebetulnya merupakan kewajiban orangtua yang memiliki anak yang sudah dewasa.

Dewas KPK Gelar Sidang Etik Nurul Ghufron 2 Mei terkait Dugaan Penyalahgunaan Wewenang

Jika digelar sendiri, biasanya upacara ini memakan biaya yang cukup besar hingga puluhan juta rupiah. "Untuk sarana upacara saja sekitar Rp40 juta. Belum yang lainnya. Kalau sudah bersama-sama, artinya satu rangkaian bisa dipakai untuk banyak peserta," tutur Panitia pelaksana Mepandes Massal, Made Sura di Puri Satria, Denpasar.
Media Asing Beri Julukan untuk Timnas Indonesia U-23: Tim Pengacau


Sura menjelaskan, potong gigi massal yang digelar hari ini tidak dipungut biaya alias gratis. Kegiatan ini untuk melanjutkan apa yang pernah dilakukan pendahulunya pada tahun 1961. "Jumlah peserta saat itu sekitar 300 orang. Kami hanya ingin melanjutkan apa yang pernah dibuat oleh para pendahulu kami yang pernah melakukan hal tersebut," terang Sura.


Lantaran terbilang mahal, tak sedikit umat Hindu Bali yang menunda pelaksanaan potong gigi. Mereka menunggu masa pernikahan, di mana potong gigi bisa dilakukan. "Warga menggabungnya menjelang nikah agar lebih irit," imbuhnya.


Meski digelar massal, upacara potong gigi sama sekali tidak mengurangi makna dari ritual yang dilaksanakan. "Justru efisien dan bisa membangun kekompakan umat," demikian kata Sura.


Tokoh Puri Satria, Cokorda Ngurah Alit Agung, menolak menyebut anggaran yang dihabiskan untuk ritual ini. "Kami hanya senang jika masyarakat tertolong dengan upacara massal seperti ini," katanya.


Sementara itu, acara ini diikuti oleh peserta termuda berusia 15 tahun hingga tertua usia 65 tahun. "Yang paling tua nenek usia 65 tahun," jelas Ngurah Alit.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya