Dua Kali Ditolak RS, Anak Buruh Cuci Ini Meninggal Dunia

Demo DKR Depok Tuntut Perbaikan Jamkesda
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
VIVAnews -
Jangan Asal Pilih, 5 Tips Ini Harus Diperhatikan Muslimah Saat Memilih Kosmetik Halal
Kasus penolakan Rumah Sakit terhadap pasiennya yang kurang mampu kembali terjadi. Kali ini, nasib tragis itu dialami oleh Dedi Wahyono, 20, seorang buruh serabutan yang sempat ditolak di dua Rumah Sakit sebelum akhirnya tewas di pelataran teras Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depok, Selasa 12 Maret 2013.

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Ditemui di ruang tunggu jenazah RSUD, isak tangis keluarga korban pun tak dapat terbendung. Dedi meninggal akibat penyakit kanker otak. Nasib pilu yang dialami oleh anak buruh cuci ini bermula ketika Senin kemarin ia ditolak pihak RSUD Depok dan RS Harapan Depok dengan alasan kamar dan alat penunjang tidak memadai.
4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa


Setelah sempat dilarikan ke RSUD Cibinong dengan perawatan medis seadanya, kondisi Dedi pun semakin mengkhawatirkan. Bermodal uang seadanya dan ditemani awak media, keluarga kurang mampu ini pun kembali melarikan Dedi ke RSUD Depok. Untunglah, setibanya di RS ini Dedi akhirnya langsung ditangani sigap oleh petugas medis.


Namun sayang, nyawa pemuda yang sehari-harinya berprofesi sebagai petugas kebersihan ini tak dapat tertolong. Nyawa Dedi diperkirakan melayang sesaat setelah tubuh kurusnya diturunkan dari mobil dan dibawa menuju ruang instalasi UGD menggunakan kasur dorong.


Kepergian Dedi menyisakan luka mendalam bagi keluarga terlebih sang ibu, Supiani. Kepedihan Supiani semakin tak tertahankan lantaran ia menjadi saksi dimana buah hatinya yang merupakan tulang punggung keluarga sempat mengalami penolakan di dua RS.


“Anak saya ditolak di RS Harapan dengan alasan alatnya enggak ada. Sebelumnya di RSUD Depok kami juga ditolak dengan alasan kamarnya tak ada. Kami memang orang miskin, kami enggak punya apa-apa, kami juga enggak punya Jamkesda,” teriak Supiani histeris sebelum akhirnya tumbang tak sadarkan diri.


Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pihak RSUD. Sedangkan jasad Dedi, rencananya akan dimakamkan tak jauh dari rumahnya di kawasan Cagar Alam Selatan Rt 06 Rw 13, Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas, Depok. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya