Wisatawan Asing jadi Juri Pawai Ogoh-ogoh

Parade Ogoh-ogoh di Gianyar Bali
Sumber :
  • ANTARA/Nyoman Budhiana

VIVAnews - Wisatawan asing diberi kehormatan untuk memberi penilaian kepada ogoh-ogoh yang diarak warga. Kelian Adat Banjar Tegal Kuta, Dewa Gede Mayun menjelaskan, pawai ogoh-ogoh di lingkungannya diikuti oleh 13 banjar di Desa Adat Kuta.

Jika biasanya penilaian dilakukan oleh tim juri, kali ini turis asing diberi kesempatan untuk berpartisipasi menentukan ogoh-ogoh terbaik.

Caranya, wisatawan asing yang sedang berlibur di Bali itu diberikan kupon untuk diisi, mana menurut mereka ogoh-ogoh dengan tampilan sempurna.

"Setiap wisatawan asing yang menilai akan mendapat kupon dan memilih ogoh-ogoh yang mana di sukai," ujar Mayun, Senin malam 11 Maret 2013.

PPIU dan Jemaah Umrah Diingatkan tentang Risiko Overstay di Arab Saudi

Penglingsir Puri Satria Dalem Kaleran Kuta ini melanjutkan, Desa Adat Kuta tidak mengeluarkan kriteria tertentu kepada wisatawan mana yang diberikan hak untuk memberikan penilaian.

Ogoh-ogoh yang paling banyak disukai wisatawan akan ditetapkan sebagai pemenang pada perlombaan yang digelar desa itu. Penilaian dilakukan saat pawai ogoh-ogoh berada di posisi start hingga kembali ke titik awal di Jalan Raya Kuta tepatnya di depan Pura Desa Kuta.

"Pawai ogoh-ogoh ini dimulai sekitar pukul 19.00 WITA hingga pukul 23.00 WITA," jelas tokoh masyarakat Kuta itu. Pawai itu akan mengambil rute Monumen Bom Bali Ground Zero, Jalan Legian, Kuta menuju Jalan Raya Kuta, melewati Jalan Singosari lalu bergerak menuju Pantai Kuta, sebelum kembali ke Ground Zero Kuta.

Tak ayal wisatawan asing dan warga tumpah ruah menyaksikan momen tahunan itu. Sementara untuk menghindari kemacetan, pihak kepolisian dibantu pecalang atau satuan pengamanan desa adat setempat menutup Jalan Legian dan sebagian jalan Raya Kuta.

Rizky Febian dan Mahalini

Kemewahan Perhiasan Mahalini di Pesta Pernikahan Rizky Febian

Salah satu perhiasan yang dikenakan Mahalini adalah kalung mewah JOVANA, yang terdiri dari butiran berlian utuh solitaire berukuran masing-masing 0,70-0,80 karat.

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2024