Ribuan Umat Hindu DIY-Jateng Padati Prambanan

Perayaan Nyepi
Sumber :
  • VIVAnews/Daru Waskita

VIVAnews - Ribuan umat Hindu dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah mendatangi kompleks Candi Prambanan, Senin 11 Maret 2013. Mereka melaksanakan upacara Agung Tawur Panca Kelud Yama Raja.

Upacara itu merupakan puncak ritual dalam rangkaian menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1935 (2013) yang jatuh Selasa besok. Menteri Agama Suryadharma Ali yang hadir dalam upacara ini berharap seluruh pemimpin umat menjadi teladan dalam kehidupan masyarakat.

Tiga Korban Pesawat Jatuh Dibawa ke RS Kramat Jati

"Korupsi, penyalahgunaan narkoba, pornografi, pergaulan bebas, hingga kekerasan sosial, tengah marak terjadi dalam lingkungan masyarakat. Kesadaran antar umat beragama sangat penting dalam membangun bangsa dan negara ini," kata Suryadharma Ali.

Suryadharma yang juga Ketua Umum PPP ini menyatakan berbagai tindak kejahatan yang dia sebutkan di atas, mengancam tatanan bernegara dan bermasyarakat. “Saya berharap perayaan Nyepi tahun ini yang mengusung tema 'Dengan Persaudaraan Kita Bangun Kebersamaan' secara nasional harus diimplentasikan dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.

Sekretaris panitia upacara Agung Tawur Panca Kelud Yama Raja, Gusti Ngurah Putra mengatakan ritual atau upacara di Candi Prambanan Yogyakarta ini dipimpin oleh lima pendeta yakni, Ratu Bhagawan Putra Manuaba, Ida Pandita Sira Mpu Putra Giri Natha, Ida Pedanda Gede Sebali Tianyar Arimbara, Ida Pedanda Gede Purwa Gautama, dan Ida Pedanda Gde Putra Dalem Keniten.

“Perayaan Nyepi di Yogyakarta ini mengambil tema: Kanthi Luhuring Budi, Umat Hindu Memetri Budaya Nyudi Raharjaning Praja, yang berarti keluhuran budi, umat Hindu melestarikan budaya luhur guna pencapaian kesejahteran bangsa,” katanya.

Hujan gerimis yang terjadi hampir merata di seluruh wilayah Yogyakarta tak menyurutkan niat warga melaksanakan ritual di Candi Brahma, Siwa, dan Wisnu yang berada di Kompleks Candi Prambanan.

Beberapa sesaji dari buah-buahan sudah dipersiapkan. Arona harus dupa menyengat komplek tersebut. Beberapa ogoh-ogoh diarak menuju lokasi upacara. (umi)

Ade Bhakti Mendaftar Sebagai bakal calon Wali Kota Semarang Lewat PSI

Alasan Ade Bhakti Pilih PSI Maju di Pilwalkot Semarang: DNA PSI Dengan Saya Sama

Sekretaris Damkar, Kota Semarang, Ade Bhakti, yang populer di medsos, memutuskan ikut dalam pemilihan calon Wali Kota Semarang, melalui Partai Solidaritas Indonesia, PSI.

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2024