Suap Impor Daging, KPK Periksa Dirut Indoguna Elisabeth Liman

Luthfi Hasan Ishaaq
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews – Komisi Pemberantasan Korupsi hari ini, Senin 11 Maret 2013, akan memeriksa Direktur Utama PT Indoguna Utama, Maria Elisabeth Liman, sebagai saksi dalam kasus dugaan suap kuota daging sapi impor di Kementerian Pertanian.

Elisabeth tiba di kantor KPK pukul 09.20 WIB dengan didampingi anak buahnya yang membawa sejumlah dokumen. Ada tiga kardus dokumen dan satu koper yang dibawa oleh anak buat Elisabeth itu. Elisabeth tak bicara sepatah kata pun dan langsung berjalan masih menuju lobi gedung KPK.

Elisabeth diduga menyerahkan uang Rp1 miliar kepada mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq, melalui perantara. Pengusaha Elda Devianne Adiningrat dalam pemeriksaannya di KPK sebelum ini mengaku menjadi perantara antara Elisabeth dengan Luthfi. “Perantara, tapi bukan broker karena tidak mengambil keuntungan dari segi materi,” kata pengacara Elda, John Pieter Nazar.

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng

Menurut dia, tersangka Ahmad Fathanah yang merupakan orang dekat Luthfi pernah minta tolong pada kliennya untuk mempertemukan Luthfi dengan Elisabeth.

Namun, kata John, pembicaraan Elda dengan Ahmad itu sama sekali tak ada sangkut pautnya dengan kuota impor daging sapi. “Bu Elda tak ikut campur lobi-lobi. Dia hanya mempertemukan saja. Tak ada pembicaraan soal uang sama sekali,” ujarnya.

Kemenkominfo gelar nobar webinar

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"

Kemenkominfo mengadakan kegiatan webinar “Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital” dalam rangka meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024