Menkes: 76 Juta Wanita dan Anak Jadi Korban Pecandu Rokok

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf
VIVAnews -
Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!
Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menilai perempuan Indonesia tidak memiliki keberanian untuk menegur perokok aktif untuk tidak merokok di sampingnya.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

"Tidak ada perempuan yang berani mengatakan: 'Stop. Kamu tidak berhak merusak kesehatan saya'," kata Nafsiah dalam acara 'Penghargaan bagi Perawat Perempuan Indonesia' di Plaza Bapindo, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 54-55, Jakarta Selatan, Jumat 8 Maret 2013.
Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool


Tidak hanya itu, dia juga merisaukan jumlah perokok perempuan yang meningkat dari 0,97 persen pada 1995 menjadi 4,6 persen pada 2011. "Perempuan mudah kecanduan. Kalau sudah kecanduan, sulit diobati," kata Nafsiah.


Dari bahaya rokok, menurut dia, kaum perempuan dan anak-anak merupakan pihak yang paling tidak berdaya dalam mempertahankan kesehatannya. Di Indonesia ada 62 juta wanita yang terpapar asap rokok.


"Ada 62 juta perempuan menjadi perokok pasif dan ada 14,2 juta balita yang terkena gangguan pernapasan karena terkena asap rokok di lingkungan rumahnya," kata dia.


Oleh sebab itu, dia berpesan kepada wanita untuk bisa menegur seseorang yang hendak merokok di sampingnya karena itu bisa merusak kesehatannya.


"Ini pesan saya kepada para perempuan. Kalau kamu tidak punya keberanian untuk mengatakan hal itu, semua pendidikan tinggi kalian tidak ada gunanya," kata dia. (umi)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya