NASIONAL

PKB Siap Usung Calon Gubernur Jawa Timur Sendiri

PKB sudah memastikan ada partai nonparlemen untuk berkoalisi

ddd
Kamis, 7 Maret 2013, 10:06
 Khofifah Endar Parawansa yang digadang-gadang PKB
Khofifah Endar Parawansa yang digadang-gadang PKB (Antara/ Ujang Zaelani)
VIVAnews - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur optimistis mengusung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur sendiri tanpa berkoalisi dengan partai lain di Pemilihan Kepala Daerah Jatim, Agustus 2013 mendatang. Alasannya, PKB yang memiliki suara 1.996.129 atau 12,26 persen suara di Pileg 2009 lalu, akan menggandeng parpol nonparlemen.

Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar menyebut, PKB mampu mengusung calon sendiri dengan menggandeng sejumlah parpol nonparlemen yang akulumasi suaranya mencapai 3 persen. Dengan begitu, PKB bisa memenuhi syarat minimal 15  persen suara untuk mencalonkan sendiri.

"Yang pasti PKB sudah memiliki 3 persen suara dari partai nonparlemen untuk memenuhi syarat 15 persen yang mampu mengusung pasangan cagub-cawagub sendiri," kata Abdul Halim, Rabu 6 Februari 2013.

Pihaknya juga menegaskan DPP PKB tetap mendukung Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama, Khofifah Indar Parawansa, sebagai Cagub Jatim, meski masih ada perbedaan, karena Dewan Syuro Jatim lebih memilih pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa). "Dengan adanya perbedaan ini, kami masih melakukan konsolidasi sampai akhirnya ada satu titik temu yaitu mendukung salah satu calon," katanya.

Sementara, terkait ajakan Partai Golkar untuk berkoalisi, Halim mengatakan belum tahu, karena belum ada pembicaraan serius.

Saat ini, baru satu pasangan calon yang definitif maju yakni incumbent Soekarwi-Saifullah. Pasangan berakronim Karsa ini didukung Partai Demokrat dan sejumlah partai lain termasuk Partai Keadilan Sejahtera.


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id