Peringati Hari Tanpa Bayangan, 1.000 Roket Air Diluncurkan

Roket air untuk peringati Hari Tanpa Bayangan
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq
VIVAnews
Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu
– Hari ini, Jumat 1 Maret 2013, ada fenomena alam yang hanya terjadi dua kali dalam setahun, yakni hari tanpa bayangan. Pada hari ini pukul 11.49 WIB, matahari melintas tepat di atas kepala, sehingga seakan semua benda atau materi tidak memiliki bayangan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

“Pada pukul 11.49 WIB itu, bayangan tepat berada di bawah kita, sehingga seolah-olah kita tidak punya bayangan atau bayangan kita hilang,” kata AR Sugeng Riyadi, pengasuh Kelompok Astronomi Assalaam, Pondok Pesantren Assalaam, di Surakarta, Jawa Tengah.
Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit


Untuk memperingati hari tanpa bayangan tersebut, sebanyak 1.000 roket air dilepaskan ke udara di komplek Ponpes Assalaam, Surakarta. Acara peluncuran roket air ini dilakukan oleh para santri Ponpes Assalaam untuk menyosialisasikan fenomena alam “hari tanpa bayangan” kepada siswa dan masyarakat.


Sugeng mengatakan, hari tanpa bayangan terjadi dua kali dalam setahun, yaitu tanggal 1 Maret pada  pukul 11.49 WIB dan tanggal 13 Oktober pukul 11.21 WIB. “Fenomena seperti ini sangat penting, tetapi masyarakat banyak yang belum tahu,” kata dia.


Kenapa fenomena itu disebut penting? Karena hari tanpa bayangan juga menjadi penanda waktu salat zuhur. “Ini menjadi parameter untuk menentukan waktu salat zuhur. Semua waktu salat akan diketahui jika penentuan waktu zuhur sudah diketahui,” ujar Sugeng.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya