Stasiun Tawang-Semarang Banjir, Rute KA Dialihkan

Stasiun Tawang Semarang banjir
Sumber :
  • ANTARA/R. Rekotomo

VIVANews - Hujan yang mengguyur kota Semarang sejak Jumat, 22 Februari 2013, membuat beberapa area publik terendam banjir. Di Stasiun Tawang, air menggenang hingga paha orang dewasa.

"Akses jalan ke Stasiun Tawang juga tergenang hingga 50 cm, sehingga pelayanan penumpang terpaksa dialihkan ke Stasiun Poncol," kata Surono, Humas PT KAI Daop IV di Semarang, Sabtu 23 Februari 2013. Akibat pengalihan tersebut, penumpukan penumpang di Stasiun Poncol pun tak terhindarkan.

Parkir Cuma Sebentar, Mobil Ini Ditagih Rp48 Juta di Tangerang

Surono menuturkan banjir merendam empat titik perlintasan kereta api di Semarang. Selain itu, ada gerusan di rel sepanjang 10 meter di jalur rel di Km 12 antara Jerakah-Mangkang. "Akibat kondisi itu, setidaknya ada 30 kereta api yang tertahan di stasiun sepanjang jalur kereta Pantura," jelasnya.

Menurut data PT KAI, kereta api yang tertahan dari arah Barat atau Jakarta yaitu KA Matarmaja (Pasarsenen - Malang), KA Majapahit (Pasar Senen - Kediri), KA Bangun Karta (Pasar Senen - Jombang), Argo Sindoro (Gambir - Semarang), Kertajaya (Tanjung Priok - Surabaya), Brantas (Tanah Abang - Kediri), Gumarang (Jakarta - Surabaya, Pasar Turi), Sembrani (Gambir - Surabaya, Pasar Turi), Argo Bromo Anggrek (Gambir - Surabaya, Pasar Turi), Senja Utama (Pasar Senen - Semarang), Harina (Bandung - Semarang), Tawang Jaya (Pasar Senen - Semarang) dan enam kereta barang jurusan Jakarta - Surabaya.

Sedangkan dari arah timur adalah KA Sembrani dan Argo Bromo Anggrek (Surabaya - Gambir), KA Majapahit (Kediri - Pasar Senen), dan tujuh KA barang dari Surabaya jurusan Jakarta dan satu kereta barang dari Solo tujuan Semarang.

 "Ada tiga kereta api yang dioperasikan lewat jalur memutar, yaitu KA Argo Bromo Anggrek siang jurusan Surabaya - Gambir, KA Argo Bromo Anggrek siang jurusan Gambir - Surabaya, dan KA Matarmaja jurusan Malang - Pasar Senen," ujar Surono.

Ditambahkannya, empat perjalanan Kereta Rel Diesel Ekonomi Kaligung Mas jurusan Semarang - Tegal pp dan dua perjalanan KRD Blora Jaya jurusan Semarang - Bojonegoro pp terpaksa dibatalkan.

Hingga kini, dari empat titik yang tergenang banjir, tersisa satu lokasi yang airnya belum surut, yaitu di antara Semarang Tawang - Alastua di Km 0+600 (daerah Muktiharjo, Semarang) yang masih tergenang air setinggi 12 cm di atas rel.

"Gogosan di Km 12 antara Jerakah - Mangkang berhasil diperbaiki pukul 04.20 pagi sehingga jalur Semarang - Mangkang bisa dilewati lagi meskipun dengan kecepatan yang dibatasi 5 km/jam karena perbaikan masih terus dilakukan," ujar Surono. (kd)

[dok. SKK Migas]

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) berkomitmen untuk terus meningkatkan komersialisasi minyak dan gas bumi (migas) di Tanah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024