Pulau Berhala Lepas, Gubernur Minta Maaf ke Rakyat Jambi

Pulau Berhala
Sumber :
  • Wikipedia
VIVAnews -
Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber
Gubernur Jambi Hasan Basri Agus meminta maaf kepada masyarakat Jambi karena status kepemilikan Pulau Berhala  jatuh ke Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

"Kami sudah berbuat dan melakukan sebaik mungkin sejak lama. Saya sebagai gubernur meminta maaf kepada masyarakat Jambi," kata Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus di rumah dinas gubernur, Jumat 22 Februari 2013.
4 Moscow Terrorists Under the Influence of Drugs


Dia menambahkan, Pemprov Jambi segera mendata seluruh aset Pemkab Tanjabtim maupun Pemprov Jambi di pulau yang berada di perairan Laut China Selatan itu.


Saat ditanya apakah akan melakukan upaya hukum terkait status Pulau Berhala, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus mengatakan, akan menunggu keputusan resmi dari Kementerian Dalam Negeri terlebih dahulu.


Selama bertahun-tahun, pulau seluas kurang lebih 50 hektare itu disengketakan antara Pemprov Jambi dengan Pemprov Kepulauan Riau. Kedua pemerintah daerah mengklaim memiliki bukti sahih baik sejarah maupun dokumen resmi atas keberadaan pulau berpenduduk sekitar 60 kepala keluarga itu.


Pada awal 2012, Kemendagri sempat menerbitkan keputusan resmi atas status Pulau Berhala yang resmi masuk wilayah Provinsi Jambi di bawah Kabupaten Tanjung Jabung Timur.


Hanya saja, keputusan Mendagri nomor 11 tentang status Pulau Berhala itu kemudian digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh Pemprov Kepulauan Riau.


Kamis 22 Februari 2013, MK resmi mengetok palu dan menyatakan, Pulau Berhala masuk wilayah Provinsi Kepulauan Riau berdasarkan data data dan dokumen yang diajukan.


Keputusan MK itu juga sejalan dengan keputusan Mahkamah Agung nomor 49 P/HUM/2011 tanggal 9 Februari 2012 mengenai pengujian Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 44 tahun 2012 tentang Wilayah Administrasi Pulau Berhala yang sebelumnya menyebutkan masuk wilayah Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.


Pulau Berhala terkenal dengan alamnya yang eksotis dengan pasir putihnya saat air surut. Pulau ini juga banyak terdapat beberapa benda sejarah peninggalan perang dunia maupun China. Pulau Berhala bisa ditempuh menggunakan kapal cepat sekitar empat jam dari Kota Jambi. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya