Anas: Pencalonan Soekarwo Tinggal Proses Administrasi

Pelantikan Gubernur Jatim
Sumber :
  • Antara/Eric Ireng
VIVAnews
Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X
- Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, mengaku sudah menerima surat dari DPD PD Jawa Timur yang kembali mengusulkan Soekarwo dan Saifullah Yusuf sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Anas menyatakan, pencalonan pasangan incumbent ini tinggal proses administrasi saja.

Megawati Kirim Surat Amicus Curiae kepada MK, Ganjar Sebut Terilhami Sosok Kartini

"Usulan ini akan menjadi bahan bagi Majelis Tinggi partai untuk rapat memutuskan. Meskipun, keputusan secara politis Partai Demokrat sudah ada, yakni mengusung dan mendukung Pakde Karwo dan Gus Ipul, tinggal proses administrasi politiknya saja," kata Anas di sela acara donor darah Hari Pers Nasional (HPN) ke-67 di Kantor PWI Jatim, Jalan Taman Apsari Surabaya, Rabu 20 Februari 2013.
RSUD Bayu Asih Purwakarta Klarifikasi Sangkaan Penolakan Penanganan Bayi Prematur


Lanjut Anas, proses politik dari awal PD berharap Pakde Karwo dan Gus Ipul kembali berpasangan maju untuk periode kedua (2014-2019). Partai Demokrat, kata Anas, menilai lebih dari empat tahun di periode kepemimpinan pasangan KarSa kinerjanya bagus, dan itu juga dilakukan konfirmasi kepada masyarakat Jatim lewat survei.


"Dari hasil survei, masyarakat Jatim berharap ada kelanjutan dan peningkatan kinerja dari pasangan KarSa. Kalau harapan masyarakat Jatim seperti itu, tentu demokrat Tut Wuri Hadayani dengan keinginan masyarakat dan pasti mengusung kembali Pakde Karwo dan Gus Ipul," kata mantan Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam ini.


"Prinsipnya tidak ada masalah, bahkan dari proses awal demokrat berharap Pakde dan Gus Ipul bisa berpasangan kembali," ujarnya.


Sebelumnya cagub
incumbent
, Soekarwo menegaskan, hampir seluruh parpol di Jatim baik yang memiliki kursi di parlemen maupun non parlemen sudah menyatakan dukungan. Hanya saja parpol yang sudah resmi memberikan rekomendasi dukungan kepada KarSa jilid II, baru ada tiga parpol, yakni Partai Hanura, PDS dan PKS.


"Parpol lain masih menunggu mekanisme internal. Termasuk PPP dan PKNU yang masih harus menggelar  Rapimwil. Tapi secara oral melalui ketua umum masing-masing partai telah menyatakan dukungan. Insya Allah  Maret mendatang dukungan itu terkumpul semua," kata pria yang akrab dipanggil Pakde Karwo itu. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya