NASIONAL

Lukas-Klemen, Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Terpilih

Pasangan ini akan memimpin Papua untuk lima tahun ke depan.

ddd
Rabu, 13 Februari 2013, 22:36
Lukas Enembe-Klemen Tinal, Gubernur dan Wakil Gubernur Papua terpilih
Lukas Enembe-Klemen Tinal, Gubernur dan Wakil Gubernur Papua terpilih (VIVAnews/Banjir Ambarita)
VIVAnews - Rapat pleno Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua akhirnya menetapkan pasangan Lukas Enembe-Klemen Tinal sebagai gubernur dan wakil gubernur Papua terpilih.

Pasangan ini akan memimpin Papua untuk lima tahun ke depan.

Dalam rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara yang berlangsung dari pagi hingga malam hari, berlangsung alot namun demokratis. Pleno juga diwarnai aksi walk out dari salah satu kandidat, namun tidak mengganggu jalannya penetapan gubernur dan wakil gubernur.

Ketua KPU Provinsi Papua Beny Suweni, mengatakan bahwa hasil pleno rekapitulasi ini sah dan pasangan Lukas Enembe dan Klemen Tinal adalah pemenang Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua.

"Saya tetapkan gubernur dan wakil gubernur terpilih adalah Lukas Enembe dan Klemen Tinal," ujarnya di GOR Cenderawasih Jayapura, Papua, Rabu 13 Februari 2013.

Selanjutnya, kata Beny, bila tidak ada gugatan dari lima kandidat lain, hasil pleno penetapan gubernur dan wakil gubernur ini akan diserahkan ke DPR Papua untuk diproses selanjutnya ke Kementerian Dalam Negeri.

"Bila tiga hari tidak ada gugatan, hasil pleno penetapan ini akan diserahkan ke DPR Papua guna diproses. Namun, bila ada gugatan akan ditunda sementara sampai ada putusan hukum tetap dari MK," jelasnya.

Terkait penetapannya sebagai gubernur Papua, Lukas Enembe di lokasi tempat berlangsungnya rapat pleno menyatakan bahwa kemenangannya adalah kemenangan rakyat Papua.

"Ini adalah kemenangan rakyat Papua, karena merekalah pemegang mandat yang memberikan kepercayaan untuk kami berdua memimpin Papua lima tahun ke depan," ujarnya.

Lukas Enembe juga mengajak pasangan lain untuk bersatu untuk membangun Papua. "Kompetisi sudah usai, sekarang kembali bersatu untuk saling bahu-membahu membangun Papua ke arah yang ebih baik," tegasnya.

Sedangkan Wakil Gubernur terpilih Klemen Tinal, menambahkan bahwa seluruh proses hingga terpilihnya gubernur Papua adalah berkat keinginan dari rakyat. "Ini bukti kerja keras dalam mensosialisasikan segala program kami, dan terbukti rakyat menghendakinya," kata dia.

Berikut, hasil perolehan suara Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua: 

1. Pasangan Noahk Nawipa-Yohanes Wop       : 178.830 (8%)
2. Pasangan MR Kambu-Blasius Pakage           : 301.349 (13%)
3. Pasangan Lukas Enembe-Klemen Tinal         : 1.199.657 (52%)
4. Pasangan Welington Wenda-Wenan Watori   : 153.453 (7%)
5. Pasangan Alex Hasegem Marten Kayoi         : 72.120 (3%)
6. Pasangan Habel Melkias Suawe-Yop Kogoya : 415.382 (18%)

Total suara 2.713.465 yang tersebar di 28 kabupaten dan satu kota. (eh)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com
Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Kode Etik | Lowongan
Copyright © 2014 PT. VIVA Media Baru