Cagub Petahana NTB Resmi Mendaftar ke KPUD

Gubernur NTB Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang
Sumber :
  • Antara/ Audy Alwi
VIVAnews - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat periode 2013-2018 Muhammad Zainul Majdi dan Muhammad Amin resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) NTB. 
Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Pasangan yang diusung tujuh partai politik itu dihantar ribuan pendukungnya yang memadati Jalan Langko, Mataram. Keduanya berjalan kaki sekitar sejauh tiga kilometer dari Hotel Santika menuju Kantor KPUD NTB.
Menlu Retno Disarankan Segera Kontak Iran Agar Tidak Serang Balik Israel

Zainul Majdi yang akrab disapa Tuang Guru Bajang (TGB) merupakan kandidat yang tengah berkuasa atau petahana. Ia saat ini masih menjabat sebagai Gubernur NTB periode 2008-2013, yang juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat. Sementara Amin merupakan kader Partai Golkar yang menjabat sebagai Sekretarris DPD I Partai Golkar NTB, yang juga masih menjadi anggota DPRD NTB periode 2009-2014. Amin berasal dari Pulau Sumbawa.
Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya

Sebelum mendaftar, pasangan TGB-Amin menyempatkan diri untuk sholat ashar berjamaah di Masjid Raya Attaqwa Mataram. Tujuh partai pendukung pasangan ini adalah Partai Demokrat dengan 8 kursi di DPRD, Golkar 10 kursi, PDIP 5 kursi, PPP 4 kursi, PAN 4 kursi, Partai Gerindra 2 kursi,dan PKB 2 kursi. Pasangan tersebut didukung 34 kursi atau 61,82 persen dari total kursi.

"Pasangan TGB-Amin adalah pasangan ikhtiyar untuk mempercepat pembangunan di NTB ini. Kami akan melanjutkan program kerja untuk NTB yang lebih baik," kata Zainul Majdi di Mataram, Senin 11 Februari 2013.

Tidak hanya itu, TGB pun berjanji akan membenahi berbagai kekurangan terkait program pembangunan yang sedang berjalan dibawah kepemimpinannya. Ia bertekad akan lebih fokus membenahi infrastruktur, meningkatkan layanan pendidikan, kesehatan dan menyediakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. 

Ketua KPU NTB Fauzan Khalid mengatakan akan melakukan verifikasi terhadap berkas pasangan cagub dan cawagub petahana NTB tersebut. Selanjutnya, para kandidat akan diperiksa kesehatannya baik secara jasmani dan rohani di Rumah Sakit Umum NTB. 

“Tanggal 12 dan 13 Februari 2013 jadwal pemeriksaan kesehatan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB,” ujar Fauzan.

Hingga saat ini sudah empat pasangan bakal calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur NTB yang sudah mendaftar ke KPUD NTB. Pertama, pasangan calon independen, Lalu Ranggalawe dan H Muchlis (Ranggalawe-Muchlis). Pasangan ini masih kekurangan sedikitnya 217.084 suara, untuk mencapai syarat minimal dalam mengusung pasangan calon perseorangan. KPUD NTB memberi waktu sampai 21 Februari 2013 untuk melengkapi kekurangan dukungan suara itu.

Sedangkan dua pasangan lainnya  yang  sudah mendaftar, masing-masing Harun Al Rasyid dan TGH Lalu Muhyi Abidin (Harum), pada 6 Februari, dan pasangan bakal calon DR KH Zulkifli Muhadli dan Prof DR H Muhammad Ichsan (Zul-Ichsan) pada 8 Februari 2013.

Pasangan calon Harum diusung 18 parpol yakni Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), PNBK Indonesia, PPDI, Partai Buruh, PNIM, PDP, PSI, PPNUI, PPN, PPI, PKP, Partai Patriot, Partai Merdeka, PMB, PIS, Partai Barnas, Partai Kedaulatan, dan PKPI.

Sedangkan pasangan Zul-Ichsan diusung empat parpol peserta Pemilu 2009 itu yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU), dan Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI). (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya