Survei LSI Network: Dede Yusuf Unggul di Pilkada Jawa Barat

Dede Yusuf bersama Lex Laksamana
Sumber :
  • ANTARA/Agus Bebeng
VIVAnews
Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik
– Calon
incumbent
Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun
gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf, unggul dalam survei terakhir soal Pilkada Jabar yang digelar oleh Lingkaran Survei Indonesia Network. Survei ini dirilis Selasa, 5 Februari 2013, sepekan sebelum masa kampanye Pilkada Jabar dimulai.
Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

LSI Network membagi surveinya ke dalam dua kelompok, yaitu survei dengan pertanyaan terbuka dan pertanyaan tertutup. Untuk pertanyaan secara terbuka, Dede Yusuf dan pasangan calon wakil gubernurnya Lex Laksamana mengantongi suara terbesar sekitar 29,1 persen.


Di bawah Dede-Lex, menyusul Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar dengan 21,6 persen suara, Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki dengan 8,9 persen suara, Yance-Tatang Farhanul dengan 8,6 persen suara, dan Dikdik Mulyana Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib dengan 0,2 persen suara.


Sementara untuk pertanyaan secara tertutup, Dede Yusuf-Lex Laksamana tetap mengantongi raihan tertinggi dengan 35,3 persen suara, disusul Aher-Deddy Mizwar dengan 27,4 persen suara, Rieke-Teten dengan 13,2 persen suara, Yance-Tatang dengan 9,5 persen suara, dan Dikdik-Toyib dengan 0,7 persen suara.


Direktur Citra Komunikasi LSI Network, Toto Izul Fatah, mengatakan survei ini digelar tanggal 16-25 Januari 2013, dan mengambil 440 responden di Jawa Barat. “Kami gunakan metode
multistage random sampling
dengan
margin error
4,8 persen,” ujar Toto saat jumpa pers di Kafe Legian, Bandung, Selasa 5 Februari 2013.


Elektabilitas Aher-Deddy Naik


Toto mengatakan, elektabilitas pasangan Aher-Deddy Mizwar dalam survei terakhir LSI Network ini meningkat signifikan dibanding survei serupa empat bulan lalu saat Aher belum berpasangan dengan Deddy Mizwar.


“Dulu nama Aher masih di bawah. Saat ini meningkat mendekati Dede Yusuf,” kata Toto. Menurutnya, peningkatan elektabilitas ini terjadi karena faktor Deddy Mizwar. Sosok Deddy sebagai aktor dan sutradara memang sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya