Polda Jabar Sita "Teh Arab" Narkoba Jenis Baru

Keseharian masyarakat Somalia
Sumber :
  • Reuters/Feisal Omar
VIVAnews - Pohon khat atau yang sering disebut teh arab di kalangan masyarakat Bogor, khususnya daerah Cisarua, dinyatakan positif mengandung zat , zat yang dikonsumsi oleh aktor Raffi Ahmad. Hal ini diketahui setelah dilakukan uji labolatorium oleh Mabes Polri.
Kubu 03 Batal Hadirkan Kapolda, Yusril: Gara-gara Saya Gertak, Enggak Berani Muncul

Direktur Narkoba Polda Jabar, Komisaris Besar Polisi Hafriono, mengatakan polisi menyita pohon tersebut di kampung Impres Pasir Tugu, Desa Cibiru, Cisarua Kabupaten Bogor, pada 30 Januari 2013 lalu.
Terpopuler: Desta Puji Natasha Rizky sampai Tetangga Ayu Ting Ting Buka Suara

"Kita menyita pohon tersebut (Khat) kemudian diambil samplenya untuk diteliti di Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri, dan saya baru dapat SMS dari Mabes Polri hasilnya positif mengandung zat Katinona yang masuk dalam narkoba golongan I," kata Hafriono saat ditemui di Mapolda Jabar, Selasa 5 Februari 2013.
'Pemimpin Rambut Putih' Sowan ke Jokowi di Istana Negara Pagi Ini

Dia menjelaskan, penelitian tersebut dilanjutkan menyusul penangkapan aktor Raffi Ahmad. Dalam proses penangkapan itu, BNN menemukan zat narkotika jenis baru. Hal ini kemudian mendorong Polda Jabar untuk lebih lanjut menyelidiki tanaman ini.

"Kita sudah instruksikan kepada seluruh jajaran Polda Jabar untuk menyelidiki tanaman yang dimaksud, dan hasilnya di Kabupaten Bogor kita berhasil menemukannya," tuturnya.

Menurut Hafriono, tanaman ini ditanam di vila-vila yang berada di daerah sana. "Ditanam di halaman rumah oleh penjaga, ada ribuan tanaman namun belum sampai dibudidayakan," ungkapnya.

Dia mengaku hingga kini polisi belum bisa menjerat penanam sebagai tersangka, karena penanam belum mengetahui bahwa tanaman itu melanggar. Penanam hanya dimintai keterangan. 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya