NASIONAL

Patung Buddha Tertinggi di Indonesia Dibangun di Bali

Patung Buddha tertinggi ini dibangun di dalam area vihara
Jum'at, 1 Februari 2013
Oleh : Arfi Bambani AmriBobby Andalan (Bali)
Patung Buddha Sakyamuni (ilustrasi)
VIVAnews - Patung Buddha tertinggi di Indonesia dibangun di Gilimanuk, Jembrana, Bali. Patung Buddha ini akan menjadi ikon baru Pulau Bali dan diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Bali.

Patung Buddha ini dibangun di dalam area Vihara Empu Astapaka, Gilimanuk, Jembrana. Dibangun selama satu tahun, biaya yang akan dihabiskan ditaksir mencapai biaya Rp1 miliar lebih. Rencananya, patung ini akan diresmikan pada 6 Juni 2013 mendatang.

"Tingginya 25 meter. Ini akan menjadi patung Budha tertinggi di Indonesia karena selama ini belum pernah dibuat patung Budha setinggi ini," kata Ketua Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia (Magabudhi) Bali, Sudiarta Indrajaya, di Denpasar, Jumat 1 Februari 2013.

Desain patung Buddha yang dibangun di Vihara Empu Astapaka Gilimanuk ini juga berciri khas Indonesia. "Patung Buddha ini akan menjadi ikon baru, yakni Bali sebagai Pulau Dharma. Jadi wisatawan yang baru masuk Bali lewat Gilimanuk akan melihatnya," ujar Sudiarta.

Patung ini nantinya diharapkan akan menjadi daya tarik baru di kawasan Gilimanuk, Jembrana. "Patung Buddha ini bukan semata untuk keperluan ibadah saja. Nantinya bisa juga menjadi tempat singgah bagi warga maupun wisatawan yang kebetulan melintas di Gilimanuk," katanya.
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found