Mahfud MD Mengaku Tak Percaya Diri Jadi Capres

Mahfud MD Berkunjung ke Redaksi VIVAnews.Com
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Mahfud MD mengakuĀ  tidak percaya diri menjadi calon presiden (capres) pada pemilu tahun 2014. Meski sering disebut sebagai salah satu capres potensial, Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengaku merasa tak pantas.

Ia menyebutkan sedikitnya tiga alasan yang mengakibatkan perasaan tak percaya diri itu. Pertama, Mahfud menilai presiden adalah pemimpin negara sekaligus pemimpin bangsa. Katanya, hal itu sejauh ini tercermin pada dua Bapak Bangsa, yakni Sukarno dan Mohammad Hatta.

"Bung Karno dan Bung Hatta melewati banyak perjuangan. Sementara saya enak-enakan seperti ini," kata Mahfud, dalam pidato singkatnya saat menerima penghargaan The Rising Star: Men's Obsession 9 Young Leaders, di Jakarta, Senin malam, 28 Januari 2013.

Alasan kedua, kata Mahfud, sebutan capres potensial atau pun jabatan presiden itu berlebihan untuknya. Sebab ia merasa tidak memenuhi kriteria yang tepat untuk kedua hal itu. "Rasanya berlebihan saja," katanya.

Alasan ketiga, kata Menteri Pertahanan di era pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid itu, tidak penting dirinya menjadi capres atau tidak.

"Yang penting adalah marilah kita bersama mencari presiden yang baik," katanya lagi.

Presiden yang baik, kata Mahfud, sederhana saja: orang yang memiliki komitmen besar terhadap penegakan hukum. "Tidak harus orang hukum, tetapi cukup orang yang punya komitmen menegakkan hukum," kata dia lagi.

Penegakan hukum adalah solusi bagi segala persoalan bangsa dan negara ini. Sebab, hampir seluruh konsep pembangunan bangsa dan negara sudah cukup bagus. Masalahnya, konsep-konsep yang bagus itu dirusak oleh perilaku korup pejabat penyelenggara negaranya.

"Konsep pembangunan ekonomi, sudah bagus, tapi dirusak. Konsep politik, pendidikan, sosial, budaya, semua sudah bagus, tapi kemudian dirusak oleh korupsi. Makanya, hukum harus ditegakkan," papar bekas politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu. (eh)

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I
Billy Syahputra

Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan

Billy Syahputra mengaku sempat ‘gerah’ dengan komentar netizen yang selalu menjodoh-jodohkannya dengan wanita yang dekat dengannya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024