Merasa Dirugikan Polisi, Slank Temui Mahfud MD

Slank
Sumber :
  • Beno Junianto/VIVAnews

VIVAnews - Dua personel grup band Slank, Bim Bim dan Ivan, menemui Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Selasa, 22 Januari 2013. Keduanya disampingi sang manajer, Bunda Iffet. Kru Slank ini berkonsultasi terkait UU Kepolisian karena merasa sering dirugikan oleh kebijakan aparat yang secara tiba-tiba membatalkan konser Slank.

"Kami konsultasi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Pasal 15 yang mengatur tentang penyelenggaran tontonan dan keramaian," kata Bim Bim, drummer Slank, di gedung MK, Jakarta.

Bim Bim menilai penerapan UU tersebut jauh dari semangat reformasi dan Hak Asasi Manusia. "Konser yang dialami Slank susah mendapat izin, padahal kebebasan berekspresi adalah hak berkonstitusi," ungkap dia.

Sejak tahun 2008, sudah lebih dari 10 konser Slank dibatalkan secara sepihak oleh kepolisian. "Pencekalan lumayan banyak dari tahun 2008, terakhir di Tangerang, Lampung, dan Jakarta," ujarnya. Untuk itu dalam waktu dekat Slank akan mengajukan uji materi terhadap Pasal 15 Undang-undang Kepolisian.

Sementara itu, Mahfud MD mengaku persoalan yang dialami oleh Slank ini termasuk kategori menarik. Dia menyayangkan banyaknya konser yang sudah direncanakan, namun seminggu sebelum acara tiba-tiba dibatalkan oleh kepolisian.

Pembatalan tersebut, kata Mahfud, telah merugikan bannyak pihak. "Pelarangan show tiba-tiba itu merugikan penonton, grup musik, EO, bahkan pedagang-pedagang kaos. Misal pembatalan konser Lady Gaga. Itu merugikan penonton, dan EO karena tidak bisa menyelenggarakan konser," ungkap Mahfud.

Menurut Mahfud, memang tugas aparat keamanan menjamin keselamatan masyarakat. Namun, prinsip konstitusional warga negara untuk dapat menikmati hiburan atau penyelenggara tidak boleh dikurangi dengan teknis operasional.

"Kalau ada benturan prinsip dan teknis operasional dari pemerintah, maka Undang-undang yang dipersoalkan itu bisa diuji materi. Seharusnya yang merasa konser itu haram tidak usah menonton," Mahfud menyarankan. (umi)

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024