Gempa Aceh, Warga Menjauh dari Pantai

Kepanikan gempa di pulau Sumatra
Sumber :
  • REUTERS/ Y.T Haryono

VIVAnews -Warga Pidie di pinggir pantai sempat bergerak menuju ke Sigli, ibu kota kabupaten itu, karena khawatir gelombang tsunami setelah daerah itu digoyang gempa subuh tadi. Gempa pertama berkekuatan 6 SR terjadi pukul 05.22 WIB, dan gempa susulan 5,1 SR terjadi 25 menit kemudian.

"Sempat ada gelombang warga yang bergerak dari pesisir, dan menjauh dari bibir pantai. Tapi sejak pukul 09.00 pagi tadi mereka sudah kembali," kata Kepala Pelaksana BPBD Pidie Aceh, Apriadi kepada VIVAnews, Selasa, 22 Januari 2013.

Dampak akibat gempa paling kritis melanda kawasan pegunungan, seperti Desa Mane, Tangse, dan Geumpang. Sekitar 10 warga terluka akibat tertimpa bangunan rumah saat mereka masih tidur. Seluruh korban kini dirawat di RSU Sigli.

"Dari 23 kecamatan, hanya 3 yang parah. Ada tiga orang luka berat, dan sedang dalam penanganan medis di Puskesmas Geumpang.  Yang luka ringan sudah kembali ke rumah," katanya.

Akibat gempat terjadi kerusakan infrastruktur, seperti rumah warga dan rumah ibadah. Di kawasan Geumpang, ada 26 bangunan yang rusak. Sementara di Tangse dan Mane masih dalam pendataan. "Di Tangse dan Mane tingkat kerusakannya di atas 50 persen," katanya.

Satu meninggal

BPBD Pidie membantah isu gempa yang terjadi subuh tadi itu mengambil korban jiwa sebanyak 4 orang. Hingga siang ini jumlah korban meninggal hanya satu orang, dan belum ada korban baru.

"Ini perlu diluruskan, saya tegaskan korban tiga dan empat seperti tersebar saat ini tidak benar. Jumlah korban jiwa satu orang," kata Apriadi.

Korban meninggal seorang bocah perempuan bernama Tuti Rahmi (11 tahun), warga Desa Mane Cot, Kecamatan Mane, Pidie. Korban meninggal karena tertimpa bangunan kamarnya. Jenazah korban saat ini dalam proses pemakaman.

"Korban terkena reruntuhan dinding saat sedang tidur. Kejadian itu setelah subuh, atau sekitar pukul 05.45 WIB," katanya.

Berikut data sementara korban luka di Kabupaten Pidie:

1. Nasrin, 30 tahun, laki-laki, Desa Trucut, Kecamatan Mane.
2. Mariana, 30 tahun, perempuan, Desa Mane, Kecamatan Mane.
3. Raudhatul Jannah, 12 tahun, perempuan, Desa Mane, Kecamatan Mane.
4. Ainsyah, 35 tahun, perempuan, Desa Pulo Loh, Kecamatan Geumpang.
5. Ita Darmi, 25 tahun, perempuan, alamat Desa Pulo Loh, Kecamatan Geumpang.
6. Rahil, 3 tahun, laki-laki, Desa Pulo Loh, Kecamatan Geumpang.
7. Tarapa, 27 tahun, laki-laki, Desa Pulo Loh, Kecamatan Geumpang.
8. Saripa Ahmat, 65 tahun, laki-laki, Desa Leupu, Kecamatan Geumpang.
9. Samsah, 65 tahun, perempuan, Desa Pulo Loh, Kecamatan Geumpang.

Inggris, AS Berikan Sanksi pada Tokoh Militer Terkemuka Iran Usai Serangan Terhadap Israel
Ilustrasi cadangan devisa, utang luar negeri, modal asing, dan devisa hasil ekspor.

Utang Luar Negeri RI Februari 2024 Naik Jadi US$407,3 MIliar, Ini Penyebabnya

Bank Indonesia (BI) mencatat, Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Februari 2024 sebesar US$407,3 miliar. Jumlah itu mengalami kenaikan US$1,6 miliar dari Januari 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024