Ngamuk, Napi Bakar Fasilitas Rutan

Razia narkoba dan senjata di Rumah Tahanan Surakarta
Sumber :
  • Antara/ Akbar Nugroho Gumay

VIVAnews - Sejumlah tahanan di Lapas Klass IIB Kualatungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, dilaporkan mengamuk hingga membakar fasilitas di dalam rumah tahanan tersebut, Minggu 20 Januari 2013.
   
Berdasarkan informasi, keributan tersebut terjadi Minggu siang sekitar pukul 10.00 WIB. Aksi ini dipicu karena sejumlah tahanan tidak terima adanya beberapa warga binaan di Lapas Kualatungkal yang melarikan diri dengan cara membobol dinding rutan pada Sabtu (19/1).
   
Akibat keributan itu, sejumlah kamar tahanan dan fasilitas lain seperti peralatan tidur rusak. Kalapas Kualatungkal, Budi Prayitno, mengatakan bahwa sejumlah warga binaan lapas marah kepada petugas. Menurutnya, ada kemungkinan petugas terpancing emosi setelah melakukan pencarian siang malam terhadap 56 tahanan yang diketahui melarikan diri sehari sebelumnya.
   
"Akibat keributan ini beberapa kamar tahanan rusak, fasilitas lain seperti toilet juga dirusak, sebagian kaca jendela juga pecah," katanya.
   
Namun demikian, keributan itu tidak berlangsung lama setelah beberapa petugas lapas dibantu aparat TNI dan kepolisian membantu menenangkan para tahanan. "Ini murni kesalahpahaman, sebelumnya kami juga tengah mensosialisasikan larangan penggunaan telepon genggam secara nasional. Begitu juga pungutan liar didalam lapas juga dilarang," tambahnya.
   
Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Jambi, Supriyadi mengaku belum mengetahui penyebab pasti kejadian ributnya penghuni Lapas Kualatungkal. "Saat saya datang tadi sudah ribut, namun kondisi sudah mulai tenang, warga binaan sudah masuk ke kamarnya masing masing. Kami juga sudah meminta bantuan aparat kepolisian dan TNI," ujarnya.

Hingga, Minggu siang tadi dilaporkan sudah ada 13 tahanan yang sudah berhasil diamanakan. Dari data yang ada, jumlah tahanan dan narapidana di Lapas Kualatungkal mencapai 288 orang.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024