Komnas Anak: Jadi Calon Hakim pun, Daming Sunusi Tak Layak

Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait.
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait marah pada pernyataan calon hakim Daming Sunusi. Dalam uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR, Daming berkelakar mengenai pemerkosaan.

"Saya betul-betul marah. Jadi calon hakim pun Daming Sunusi itu tidak layak. Kami desak DPR tidak meloloskan dia jadi hakim agung," tegas Arist saat dihubungi VIVAnews, Selasa 15 Januari 2013.

Dalam forum resmi itu, Daming mengatakan, "Yang diperkosa dan yang memperkosa sama-sama menikmati. Jadi harus pikir-pikir terhadap hukuman mati."

Setelah menjalani fit and proper test, kemarin, Daming ditanyai oleh wartawan tentang pernyataan itu. Daming berkilah itu untuk mencairkan suasana. "Saya lihat kita terlalu tegang, supaya ketegangan itu berkuranglah. Tadi kan ketawa sebentar," jawabnya.

Arist menegaskan pemerkosaan adalah kejahatan kemanusiaan. Dia tak habis pikir kasus seserius itu dijadikan bahan bercanda. "Ditertawakan lagi sama anggota DPR! Bagaimana pejabat kita ini? Saya berdoa semoga tidak ada anggota keluarga Daming dan anggota DPR itu yang mengalami pemerkosaan," kata Arist dengan suara keras.

Megawati Kirim Surat Amicus Curiae kepada MK, Ganjar Sebut Terilhami Sosok Kartini

Dia pun menegaskan, korban pemerkosaan merasakan penyiksaan dan kebiadaban, bukan kenikmatan seperti yang diklaim Daming. "Kalau anak atau istri Daming itu diperkosa, berani nggak dia nanya, 'Gimana Nak, enak ya diperkosa?" kata Arist lagi.

Dibandingkan dengan reaksi bangsa India terkait pemerkosaan, Indonesia jauh di bawah. "Memang mental pejabat kita ini tidak peduli HAM. Jangan sampai negara ini dibiarkan menjadi negara bar-bar," tegasnya. (umi)

RSUD Bayu Asih Purwakarta Klarifikasi Sangkaan Penolakan Penanganan Bayi Prematur
CEO X Elon Musk.

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

CEO X Elon Musk pada Senin, 15 April 2024 mengusulkan sedikit biaya bagi pengguna baru untuk menulis, membalas, atau menyukai postingan.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024