NASIONAL

Danau Toba Perlu Bala Keselamatan

Bala Keselamatan ini untuk menjamin keamanan pengunjung dan warga
Senin, 14 Januari 2013
Oleh : Arfi Bambani AmriHarry Ondo Saragih (Medan)
Dermaga Ajibata di Pulau Samosir, Danau Toba, Sumatera Utara

VIVAnews - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut, Ahmad Hidayat, menyarankan pemerintah Kabupaten Samosir membentuk tim penyelamat dan keamanan di kawasan Danau Toba. Bala Keselamatan ini perlu untuk keamanan dan keselamatan para pengunjung objek wisata andalan Indonesia itu.

"Tim penyelamat perlu dibentuk di Danau Toba, tugasnya untuk memantau wisatawan yang berenang, dan juga warga sekitar, " ujar Ahmad, Senin 14 Januari 2013.

Ahmad menjelaskan, selama ini kawasan danau vulkanik terbesar di Asia itu sangat minim pengawasan terhadap wisatawan. Padahal, pengunjung danau ini, selain wisatawan lokal, juga dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia.

Baru-baru ini, dua orang pengunjung, kakak -eradik yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD), Stevani (12) dan Patres (11), tewas tenggelam saat berenang awal Tahun Baru 2013 lalu. Selain itu, beberapa tahun lalu, juga terjadi musibah pecahnya kapal penyeberangan yang menewaskan banyak orang.

"Kasus itu kita jadikan pelajaran berharga, pentingnya keselamatan wisatawan dan kesiapan penyelamatan jika terjadi hal-hal yang seperti itu," katanya. (adi)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found