9 Teroris Berbahaya Jaringan Makassar Masih Berkeliaran

Ilustrasi/Penangkapan terduga teroris
Sumber :
  • Antara/Jessica Helena Wuysang

VIVAnews - Mabes Polri mengumumkan bahwa masih ada sembilan anggota jaringan teroris Makassar, Sulawesi Selatan, yang masih berkeliaran. Kesembilan anggota jaringan teroris itu termasuk orang yang berbahaya. "Kami sedang mengejar mereka," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar, di kantornya, Jakarta, Senin 14 Januari 2013.

Sembilan orang itu merupakan bagian dari kelompok yang dipimpin oleh Abu Uswah yang tewas ditembak oleh pasukan Detasemen Khusus 88 Anti Teror Mabes Polri di Makassar beberapa waktu. Abu Uwas ditembak bersama dengan Hasan alias Kholik.

Boy mengaku, hingga saat ini polisi belum dapat memastikan keberadaan para buron itu. Sebab, gerakan para teroris cukup dinamis dan tersebar di berbagai wilayah. "Belum tentu mereka masih di daerah Makassar. Kemarin saja ada yang ditemukan di daerah Nusa Tenggara Barat," katanya.

Sembilan anggota jaringan teroris yang tengah diburu itu belum diketahui keahliannya, apakah mahir membuat bom atau tidak. Namun demikian, mereka terkait dengan jaringan Poso yang harus diwaspadai. "Tentu di antara mereka bisa saja masih menyimpan bahan peledak," ujar Boy.

Sebelumnya, Densus menembak mati Abu Uswah dan Hasan di sekitar Masjid Al-Nur Afiah, RS Regional Wahidin Sudiro Husodo, Kelurahan Tamalanrea Indah, Kecamatan Tamalanrea, Makassar, Jumat, 4 Januari 2012.  Polisi mengklaim, keduanya yang diduga terkait kelompok teroris Poso itu melawan sehingga akhirnya terpaksa ditembak.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024