Densus 88 Geledah Markas Kelompok Teroris Makassar

Densus 88 menyergap terduga teroris makassar
Sumber :
  • ANTARA/Yusran Uccang

VIVAnews - Tim Detasemen Khusus 88 Anti Teror Mabes Polri melakukan penggeledahan di sejumlah tempat yang digunakan oleh kelompok teroris Makassar, Sulawesi Selatan.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

Penggeledahan didasarkan informasi dari tersangka Syarifudin dan Fadli yang tertangkap dan kini ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

"Mereka memberikan keterangan bahwa telah melakukan pelatihan membuat bom dengan peserta 9 orang, termasuk Jody yang telah masuk DPO (daftar pencarian orang), Bakri dan yang menjadi pelatihnya adalah Asmar alias Abu Uswah," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar, dalam rilis yang diterima VIVAnews, Rabu 9 Januari 2013.

Boy mengatakan, tim selanjutnya melakukan penggeledahan di beberapa tempat antara lain, di rumah Fadli, di Desa Kalosi, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, pukul 10.00 WITA. Di sana mereka berhasil menemukan berbagai bahan pembuatan bom.

"Rangkaian-rangkaian elektronik, sisa-sisa bahan peledak urea nitrat, alat-alat untuk membuat bom, satu buah pipa cashing bom," ujarnya.

Penggeledahan kemudian dilanjutkan di tempat penggilingan kopi, yakni tempat Fahri menyimpan bom sekitar pukul 11.00 WITA. Di sini ditemukan empat buah bom pipa aktif.

Selanjutnya, tim menuju rumah Syarifudin di Desa Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang, sekitar pukul 12.00 WITA. Di sana berhasil diamankan, paku-paku, peta wilayah kecamatan Alla dan buku-buku jihad.

"Dari pengembangan tersebut diamankan juga Fahri. Yang bersangkutan dititipi bom oleh saudara Syarifudin dan disimpan di kebunnya, Desa Bolang, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang, dan telah disita 16 bom pipa, 16 buah detonator," paparnya.

Mantan Kapoltabes Padang ini mengatakan, tim kemudian melakukan penggeledahan di kebun itu sekitar pukul 14.00 WITA dan menyita dua buah bom tupperware seberat masing-masing 7 kg, satu buah bom tupperware seberat 2 kg, satu karung 25 kg Amfo, satu kantong Amfo yang sudah dicampur dengan solar, 50 kg pupuk urea.

"Jumlah bom yang dapat ditemukan sebanyak 20 buah bom pipa dan tiga buah bom tupperware yang dirakit menjadi satu seberat 16 kg," kata Boy.

Persib Bandung vs Bhayangkara FC

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Persib Bandung berbagi poin dengan Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024