PM Inggris Kirim Utusan Perdagangan ke Indonesia

Perdana Menteri Inggris David Cameron
Sumber :
  • REUTERS/Toru Hanai

VIVAnews - Perdana Menteri Inggris, David Cameron, mengirim utusan khusus perdagangan ke Indonesia, Richard Graham. Dia dijadwalkan mengunjungi Indonesia untuk kali pertama sebagai utusan khusus selama 7–8 Januari 2013.

Graham adalah satu dari delapan Utusan Perdagangan yang ditunjuk pada November 2012 untuk mempromosikan perdagangan dengan beberapa pasar berkembang terpilih dan dengan pertumbuhan tinggi. Dia akan bekerja secara khusus terfokus pada Indonesia.

"Peran Richard Graham juga termasuk untuk meningkatkan profil Indonesia di Inggris, serta nantinya akan memimpin delegasi perdagangan ke Indonesia," ungkap Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, dalam keterangan tertulis kepada VIVAnews. "Kunjungan beliau akan berkonsentrasi pada eksplorasi kesempatan-kesempatan di bidang pendidikan, infrastruktur transportasi dan sektor kedirgantaraan," lanjut Kedubes Inggris.

Graham mengaku sempat memiliki pengalaman bekerja yang sangat menyenangkan di Indonesia, salah satu negara terpenting dunia. "Menjalin sebuah hubungan kemitraan strategis dengan Inggris yang dapat mendatangkan keuntungan bagi kedua negara merupakan sebuah tujuan mulia yang harus dicapai,” ujar Graham.

Selain menjadi utusan khusus, Graham adalah seorang anggota parlemen dari partai Konservatif. Dia sebelumnya pernah menjabat sebagai manajer penerbangan, diplomat, dan pengelola aset.

Graham sempat menjadi Asisten Manajer Cathay Pacific di Indonesia dari tahun 1980 hingga 1982, Komisioner Dagang Inggris untuk China dan pendiri Kamar Dagang Inggris di Shanghai. Dia pernah tinggal dan bekerja di sepuluh negara dan mampu berbicara dalam delapan bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Graham memimpin All Party Parliamentary Group untuk Indonesia serta ikut menyambut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Westminster selama kunjungan kenegaraan ke Inggris beberapa waktu lalu.

137 Pesawat Batal Terbang Imbas Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Akhirnya Kembali Dibuka
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie

Jonatan Christie Jaga Peluang, Indonesia Tertinggal 1-2 dari China di Final Thomas Cup

Tunggal putra Jonatan Christie memperpanjang nafas Indonesia di final Thomas Cup 2024. Sementara, Indonesia tertinggal 1-2 dari tuan rumah China

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024