Kelompok Bersenjata Kian Kuasa, Polda Tambah 2 Polres di Papua

Kapolda Papua, Irjen Pol Tito Carnavian.
Sumber :
  • VIVAnews/Banjir Ambarita

VIVAnews – Polda Papua akan menambah dua polres di Papua pada tahun 2013. Penambahan dua polres ini sudah dikaji dan disetujui Mabes Polri.

“Kami akan tambah dua polres di Mamberamo Raya dan Lany Jaya karena ancaman dan kerawanan di sana cukup tinggi,” kata Kapolda Papua, Irjen Pol Tito Carnavian. Tiap polres nantinya akan diisi sekitar 100 personel yang didatangkan dari lulusan pendidikan Bintara atau Tamtama di Papua.

Tito mengatakan, saat ini ada lebih dari 14 ribu personel polisi tersebar di 29 polres di Papua. Jumlah personel itu sesungguhnya ideal jika dibandingkan dengan jumlah penduduk di Papua yang hampir 3 juta jiwa. Namun masalah utama kepolisian adalah geografi Papua yang luas.

Kondisi geografis Papua menjadi titik lemah polisi. Apalagi kelompok bersenjata di Papua sangat menguasai medan, terutama di wilayah pegunungan. Maka meski jumlah anggota aktif dari kelompok bersenjata itu tidak terlalu sifnifikan, mereka menjadi ancaman serius.

Lemahnya penguasaan medan oleh polisi juga menjadi salah satu kendala yang dihadapi Polda Papua dalam memburu dan menangkap kelompok bersenjata yang melakukan aksi penyerangan.

Kisah Mualaf Jorvan Vieira Pelatih Timnas Irak yang Berhasil Membawa Timnya Menjuarai Piala Asia

“Mereka sangat menguasai medan sedangkan kami kewalahan. Anggota kelompok mereka tidak lebih dari seratus orang, senjatanya paling belasan pucuk, tapi mereka benar-benar menguasai lokasi,” ujar Tito.

Guna menghindari aksi penyerangan seperti di Polsek Pirime Lany Jaya, Kapolda meminta tiap personel polisi untuk lebih waspada. “Ancaman bisa saja datang setiap waktu. Meski sudah terdeteksi intelijen, kadang-kadang sasarannya berubah,” kata Kapolda. (umi)

Kiper Dallas FC, Maarten Paes

Niat Mulia Maarten Paes untuk Timnas Indonesia

Maarten Paes, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan pengambilan sumpah di Jakarta, Selasa 30 April 2024. Ini niat mulia kiper FC Dallas tersebut.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024