Malioboro Bebas Kendaraan di Malam Tahun Baru

Sumber :
  • Antara/ Noveradika

VIVAnews - Pemerintah Kota Yogyakarta akan menerapkan car free night di tiga ruas jalan yang ada di pusat kota pada malam pergantian tahun baru, Senin 31 Desember 2012. Tiga ruas jalan itu adalah wilayah Malioboro, Jalan Senopati dan Jalan Ahmad Dahlan. Car free night atau malam bebas kendaraan ini akan berlaku sejak pukul 19.00 WIB.

“Kebijakan ini ditempuh agar tidak terjadi kemacetan yang parah di kawasan Malioboro pada saat pergantian tahun,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Wedoresnomo, Minggu 30 Desember 2012.

Untuk itu, Pemerintah Yogya mengimbau masyarakat tidak menggunakan kendaraan bermotor di wilayah Malioboro saat merayakan pergantian tahun. “Kami juga akan memfungsikan beberapa penggal jalan untuk areal parkir alternatif. Jalan-jalan di wilayah Gondomanan bisa difungsikan alternatif parkir,” katanya.

Sementara itu untuk mengantisipasi tindak kejahatan selama libur panjang akhir tahun khususnya pengunjung di Kawasan Malioboro maka Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memasang tujuh unit kamera pengintai (CCTV) di sepanjang Malioboro. "CCTV tersebut kami tempatkan di titik-titik yang diindikasikan rawan adanya tindak kejahatan, seperti copet, penipuan dan sebagainya," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro Syarif Teguh.

Menurut Syarif, melalui alat tersebut, pantauan keamanan dilakukan melalui kantor UPT Malioboro. Selain memasang tujuh unit CCTV, pihaknya juga mengerahkan seluruh tenaga keamanan untuk pengamanan libur tahun baru di pusat kota Yogyakarta tersebut. Ada 30 tenaga keamanan yang dikerahkan di sepanjang wilayah itu.

"Tidak ada tenaga kami yang libur, semua kami kerahkan," katanya.

Menurut Syarif Teguh, tujuh unit CCTV tersebut belum cukup untuk memantau keamanan di wilayah Malioboro. Idealnya kata dia, ada 21 unit CCTV yang dipasang di wilayah itu. Namun untuk tahap awal, tujuh unit CCTV dirasakan cukup. "Selebihnya kami akan adakan melalui anggaran 2013."

Pada libur akhir tahun 2012 ini Malioboro dipadati oleh wisatawan baik wisatawan asing maupun domestik. Antrean panjang kendaraan yang akan masuk ke Malioboro terus mengular dari arah Utara, Selatan, Barat maupun Timur. Bahkan antrean kendaraan bisa mencapai 500 meter setiap harinya.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah
VIVA Otomotif: Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Berita yang membahas mengenai adu laris Fortuner vs Pajero Sport dan Shin Tae-yong mudah beli Palisade, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024