Libur Natal, Borobudur Dibanjiri Pengunjung

Libur Akhir Lebaran Ke Candi Borobudur
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Libur yang bertepatan dengan perayaan Natal menyebabkan obyek wisata Candi Borobudur dibanjiri pengunjung. Bahkan, jumlah kenaikan pengunjung dibandingkan hari biasa melonjak hingga mencapai 800 persen.

Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur, Bambang Irianto mengatakan lonjakan jumlah pengunjung Candi Borobudur pada liburan Natal ini telah terlihat sejak hari Sabtu lalu. Jumlah pengunjung mencapai 35 ribu orang per hari. Sedangkan pada hari Minggu kemarin sempat menembus angka 42 ribu pengunjung.

"Sejak tiga hari lalu jumlah pengunjung naik drastis hingga di atas 35 ribu orang. Padahal pada hari biasa, selain Sabtu dan Minggu, jumlah pengunjung hanya sekitar 3 ribu hingga 4 ribu orang," kata dia kepada VIVAnews, Selasa, 25 Desember 2012.

Dia menambahkan, pada liburan hari ini yang bertepatan dengan Natal, jumlah pengunjung diperkirakan bisa mencapai 35 ribu orang. "Ya liburan Natal dan Tahun Baru, sama seperti liburan tahun ajaran baru dan Lebaran, jumlah pengunjungnya naik cukup signifikan," kata Bambang.

Lonjakan jumlah pengunjung itu diprediksi akan berlangsung hingga tanggal 30 Desember nanti. Pasalnya, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, lonjakan pengunjung berlangsung hingga akhir tahun nanti.

"Selama liburan Natal dan Tahun Baru ini, kita menargetkan jumlah pengunjung mencapai 300 ribu orang. Sebagian besar pengunjung dalam liburan kali ini adalah anak sekolah dan keluarga," tuturnya.

Viral! Oknum Polisi Diduga Aniaya Istrinya, Ini Kata Polda Sumatera Utara

Dampak lonjakan pengunjung itu menyebabkan kantong-kantong parkir yang dikelola PT Taman Wisata Candi Boroburu membludak. Sehingga, kendaraan harus diparkir di sekitar perkampungan warga Borobudur.

"Sebelumnya kita telah berkoordinasi dengan warga sekitar untuk membuka kantong-kantong parkir. Karena jumlah kendaraan cukup banyak sehingga tidak bisa tertampung," kata dia. (umi)

Marc Marquez

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Pembalap Gresining Racing, Marc Marquez kehilangan kesempatan naik podium pada MotoGP Amerika 2024 di Sirkuit Austin, Texas, Minggu 14 April 2024. Federal Oil percaya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024