Sukhoi Salah Arah Karena Pilot Ngobrol dengan Penumpang

Sukhoi Superjet100
Sumber :
  • RIA Novosti

VIVAnews - Hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyimpulkan bahwa ada percakapan antara pilot pesawat Sukhoi Superjet 100 dengan salah seorang penumpang saat kejadian nahas itu terjadi. Penumpang itu masuk ke kokpit, padahal sesuai aturan dalam penerbangan hal ini dilarang.

"Ada diskusi antara tamu kita dengan pilot, berdiskusi cukup lama. Jadi pengalihan perhatian," kata investigator in charge, Mardjono, saat memaparkan hasil investigasi KNKT di Jakarta, Selasa 18 Desember 2012.

Saat terjadi obrolan itulah kopilot bertanya kepada pilot, apakah akan pulang atau membuat orbit (lingkaran kanan) baru. Kopilot mengulang pertanyaan tersebut sebanyak tiga kali. "Dan dijawab pulang," kata Mardjono.

Kopilot, Mardjono melanjutkan, tetap minta untuk terus ke arah barat laut. Namun, saat itu, pilot tetap saja berbincang dengan penumpang yang berada di kokpit. "Karena ada pembicaraan itu, maka arahnya menyelonong," Mardjono menambahkan.

Sebelum menabrak pesawat telah memberikan peringatan berulang-ulang. Namun diabaikan oleh pilot dan kru pesawat. "Ramai sekali pembicaraanya itu dan tanda peringatannya selama 38 detik tidak diindahkan," kata mardjono. Sehingga, pilot tak bisa menghindari kecelakaan itu.

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Kepala KNKT, Tatang Kurniadi, menegaskan bahwa seharusnya seorang pilot  tidak mengobrol saat menerbangkan pesawat. "Jangan banyak bertanya dulu pada saat-saat sibuk, karena faktor psikologis, kalau tamu diajak bicara kan mesti dijawab, padahal dia mesti fokus untuk penerbangan," katanya.

Temuan ini sebenarnya sudah pernah terungkap dari sejumlah sumber yang dikutip oleh media Rusia, Pravda. Selengkapnya, .

Gedung BNI.

BNI Bakal Terbitkan Global Bond US$500 Juta, Jadi Incaran Investor Asing

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BBNI akan menerbitkan surat utang senior dalam denominasi dolar Amerika Serikat atau global bond.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024