Mengapa Angka Kunjungan Museum Meningkat Tajam

Museum Nasional Sepi Pengunjung
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyatakan, jumlah pengunjung museum mengalami peningkatan tajam selama satu tahun terakhir. Guna lebih meningkatkan angka kunjungan museum tersebut, Kemdikbud pun mensosialisasikan keberadaan 65 Duta Museum 2012 dari 33 provinsi di Mataram, Senin, 17 Desember 2012.

Toyota Fortuner Hybrid Sudah Ada di Diler, Segini Harganya

"Duta Museum bertugas meningkatkan jumlah pengunjung museum. Angka kunjungan museum dalam setahun terakhir meningkat hingga 2 juta orang dari sebelumnya yang mencapai sejuta pengunjung di Indonesia," kata Kepala Seksi Evaluasi Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permusiuman Dewi Murwaningrum.

Sementara itu Duta Museum terdiri atas dua putri terpilih dari masing provinsi yang bertugas menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke Museum. Duta Wisata tersebut nantinya akan bertugas semaksimal mungkin meningkatkan kunjungan museum di setiap daerah.

Heboh Warga Dubai Asyik Main Jet Ski saat Kebanjiran, Warganet: Baru Mau Kirim Mi Instan

Proses pemilihan Duta Museum bermula dari 10 biodata calon duta museum dari masing-masing daerah. Selanjutnya dari 10 nama tersebut diseleksi menjadi dua orang Duta Museum. Untuk NTB diwakili oleh Yulia Ayu Triana Hutagalung dan I Gusti Ayu Ray Suandari.

Menurut Yulia Ayu Triana, keberadaan Museum di NTB sangat penting bagi peningkatan SDM. Terlebih, lanjut Yulia hingga saat ini kunjungan museum di NTB masih rendah. Menurutnya perlu ada gebrakan dan hal baru yang dapat meningkatkan kunjungan museum di NTB.

"Ada tiga museum di NTB yakni museum NTB, museum samawa dan museum asimbojo di Bima. Hingga saat ini tingkat kunjungan museum di NTB tergolong rendah sehingga perlu strategi baru," ujarnya.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus berupaya mengajak masyarakat untuk menjadi duta museum. Duta museum tersebut berusia dari 19 tahun hingga 47 tahun.

Film 13 Bom Raih Penghargaan Internasional, Sutradara Angga Sasongko Bangga
Ilustrasi logo Mahkamah Konstitusi.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

Pengajuan amicus curiae yang dilakukan sejumlah tokoh ini heboh mencuat terkait dengan persidangan dalam pekara sengketa hasil Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024