Banjir Bandang di Solok Selatan, 175 Rumah Rusak

banjir bandang pasaman
Sumber :
  • ANTARA/Iggoy el Fitra

VIVAnews - Dua warga Solok Selatan hilang setelah banjir bandang melanda pemukiman di Jorong Sungai Pangkuah dan Sungai Binuang, Nagari Pakan Rabaa Timur, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Kabupaten Solok, Sumbar.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Solok Selatan sejak Kamis malam hingga Jumat dini hari, 14 Desember 2012, menyebabkan banjir bandang melanda dua Kanagarian. Sebanyak 175 rusak akibat kejadian ini.

"Dua orang hilang, satu rumah hanyut, satu jembatan putus. Sebanyak 600 jiwa menjadi korban banjir dan ada 10 rumah rusak berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Jumat, 14 Desember 2012.

Korban hilang akibat tersapu banjir bandang adalah Dasinan (70 ) dan Sinis (35). Keduanya adalah satu keluarga yang berasal dari Jorong Sapan Salak Nagari Pakan Rabaa Timur. "Hingga sore ini, pencarian korban masih dilakukan oleh tim SAR," kata Sutopo.
 
Kepala Pelaksana BPBD Selatan, Hamudis mengatakan, terkait kejadian ini, bupati Solok Selatan telah mengeluarkan surat pernyataan tanggap darurat banjir bandang mulai 14 hingga 21 Desember 2012. Tim tanggap bencana dari BPBD Kabupaten Solok Selatan, SAR, Dinas Sosial beserta masyarakat telah melakukan penanganan darurat dan evakuasi terhadap korban.

"Saat ini masih dilakukan pembersihan rumah-rumah warga dari tumpukan material sungai dengan menggunakan alat berat. Dua korban hilang masih dicari," katanya kepada VIVAnews.

Hujan diperkirakan akan terus terjadi sampai akhir Januari dan pihaknya akan terus wasapada. (umi)

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal
Ini Dia Para Tersangka Penembakan di Moskow Rusia

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

Dalam berita terbaru yang mengejutkan, dilaporkan bahwa empat teroris yang terlibat dalam serangan mengerikan di gedung konser Balai Kota Crocus dekat Moskow pada Jumat,

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024