Dede Yusuf Tolak Provinsi Cirebon

Dede Yusuf
Sumber :
  • VIVAnews/Beno Junianto

VIVAnews - Wacana Provinsi Cirebon menguat kembali menjelang pemilihan Gubernur Jawa Barat tahun 2013 mendatang. Namun calon Gubernur Dede Yusuf menilai "Provinsi Cirebon" bukan solusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Jawa Barat.

Dede yang juga Wakil Gubernur Jawa Barat itu malah mewacanakan penambahan 10 kota dan kabupaten di Jawa Barat untuk pemerataan pembangunan dan percepatan pelayanan publik.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Beberapa usulan daerah baru antara lain Kabupaten Cirebon Timur, Kabupaten Indramayu Barat, Kota Cikarang Bekasi, Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Garut Selatan dan Kabupaten Tasikmalaya Selatan. Khusus untuk dua wilayah terakhir bisa digabungkan jadi satu kabupaten.

Penambahan kota dan kabupaten di Jawa Barat tersebut berkaca kepada Provinsi Jawa Timur yang penduduknya lebih sedikit namun punya 38 kota/kabupaten dan Jawa Tengah yang punya 36 kota/kabupaten. Jawa Barat penduduknya 46 juta dan wilayah luas baru punya 26 kota/kabupaten. "Jadi sampai 2025 Jabar masih berpeluang penambahan kota dan kabupaten baru untuk percepatan dan pemerataan pembangunan," ujar Dede Yusuf, Kamis 13 Desember 2012 siang.

Dede mengatakan, penambahan kota dan kabupaten tersebut akan berdampak langsung kepada percepatan dan pemerataan pembangunan, karena wilayah-wilayah tersebut sudah memiliki potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Misalnya Cikarang Bekasi dan Sukabumi Utara yang merupakan kawasan industri, Cirebon Timur dan Indramayu Barat memiliki keunggulan di bidang perikanan dan perkebunan. Kawasan Cianjur Selatan, Garut Selatan dan Tasikmalaya Selatan memiliki potensi wisata dan agrobisnis.

"Pusat pembangunan dan pelayanan ada di kota/kabupaten, dengan pertambahan kota/kabupaten maka pembangunan lebih cepat karena saat ini Jawa Barat baru 26 kota/ kabupaten lebih sedikit dari Jateng dan Jatim," kata Dede.

Menyoal wacana pembentukan Provinsi Cirebon, Wagub menjawab singkat. "Tak ada Jawa Barat tanpa Cirebon. Sampai 2025 fokus kita adalah penambahan kota dan kabupaten baik di pesisir utara maupun selatan," katanya. (umi)

Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024