Warga Garut Desak Bupati dan Sekda Garut Mundur

Warga Garut desak bupati dan sekda mundur
Sumber :
  • Diki Hidayat/Garut

VIVAnews - Sekitar 200 orang yang mengatasnamakan Gerakan Garut Menggugat (G3) siang ini, Rabu 12 Desember 2012, kembali menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Garut jalan Pembangunan Garut, Jawa Barat.

Aksi kali ini tak hanya meminta Bupati Aceng Fikri mundur, akan tetapi Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Iman Alirahman diminta mundur dari jabatannya.

Menurut koordinator aksi, Zamzam Zomantara, akibat ulah kedua pejabat tersebut, kondisi Kabupaten Garut menjadi karut marut. Keduanya dianggap cacat moralitas, sehingga kasus-kasus hukum di Garut tidak jelas penyelesaiannya.

"Legislatif, eksekutif maupun yudikatif gagal memberikan kepastian hukum. Terbukti dengan sejumlah kasus korupsi dan penyimpangan kewenangan tak ditangani serius," ujar Zamzam dalam orasinya.

Zamzam juga membeberkan sejumlah kasus hukum di Pemkab Garut, seperti kasus di Dinas Bina Marga Garut dengan tersangka AS dan kasus alat-alat kesehatan yang ditangani Polda Jabar. Selanjutnya kasus Bansos DPRD Garut, pembangunan pasar Cikajang, kasus PPIP dan kasus SIMDES yang melibatkan Sekda Garut, kasus-kasus tersebut muncul kemudian tenggelam kembali.

"Ini membuktikan bobroknya para penegak hukum yang disinyalir ada main mata dengan para pejabat pemkab Garut," ungkap Zamzam.

Sementara itu, menyangkut kasus nikah singkat Bupati Garut, Aceng Fikri yang sempat menjadi perhatian jutaan masyarakat dan para pejabat tinggi negara, menurut Zamzam, DPRD Garut harus segera mengambil langkah yang cepat.

"Kerja pansus dipercepat, jika terbukti bersalah maka DPRD Garut segera ajukan pemberhentian Aceng Fikri kepada Mendagri," tegasnya.

Sebelum menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Garut, para pengunjuk rasa terlebih dulu melakukan menggelar aksi yang sama di bunderan Simpang Lima Tarogong Garut. Rencananya para pengunjuk rasa akan mendatangi gedung DPRD Garut. (eh)

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Laporan: Diki Hidayat | Garut, eh

Ilustrasi stres.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Belum banyak orang yang menyadari bahwa gejala stres juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Sangat banyak tanda-tanda yang menunjukkan anda terkena stres.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024