Meletus Lagi, Lokon Semburkan Abu Setinggi 3.500 Meter

Gunung Lokon Meletus
Sumber :
  • ANTARA/Jemmy

VIVAnews - Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara, kembali meletus, Selasa 11 Desember 2012. Siang ini, Gunung Lokon menyeburkan abu dengan ketinggian 3.500 meter dari Kawah Tompaluan.

"Dentumannya terdengar keras, hingga Pos Pemantau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Geologi (PVMBG) di Kota Tomohon yang berjarak kurang lebih 6 kilometer," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Utara, Hoyke Makarawung, kepada VIVAnews.

Saat terjadi letusan, abu yang disemburkan menyebar ke arah selatan KotaTomohon. Sebab, saat itu, angin berhembus agak kencang ke arah selatan Tomohon. Hingga kini, Gunung Lokon masih berstatus siaga atau level III. "Status siaga alias level III gunung lokon belum dicabut," ujar Hoyke.

Masyarakat diminta tidak mendekati zona larangan yang ditetapkan, yakni dalam radius 2,5 kilometer dari kawah Tompaluan. "Warga juga belum ada yang diungsikan, aktivitas warga di Kota Tomohon berjalan lancar," ucap Hoyke. (umi)

Gerindra sebut Bakal Ada Banyak Pertemuan Usai Prabowo Jadi Presiden Terpilih
Direktur Manajemen Human Capital dan Administrasi PLN Nusantara Power, Karyawan Aji

Ini Penyebab Aset PLN Nusantara Power Melesat Jadi Rp 350 Triliun

PT PLN Nusantara Power mencatatkan kenaikan aset setelah proses transformasi dan rebranding dari PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) menjadi subholding PT PLN (Persero).

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024